Khasiat Lidah Buaya untuk Sembuhkan Luka Bakar

Lidah buaya merupakan tanaman yang termasuk ke dalam jenis Aloe vera, dimana tanaman ini mulai dikenal karena manfaatnya yang luar biasa bagi kesehatan. Tanaman ini telah terbukti bermanfaat untuk menyehatkan rambut, perawatan kulit, hingga dapat digunakan sebagai obat luka bakar kena minyak panas.

khasiat lidah buaya
Khasiat lidah buaya salah satunya adalah untuk menyembuhkan luka bakar pada kulit

Selain bermanfaat lidah buaya juga sangat mudah untuk didapatkan, tanaman ini dapat tumbuh dengan subur di daerah tropis seperti Indonesia. Oleh karena itu Anda juga bisa menanamnya di rumah untuk digunakan sebagai obat alami.

Kandungan dan Manfaat Lidah Buaya untuk Luka Bakar

Tanaman lidah buaya memiliki zat-zat yang sangat kaya, seperti enzim, asam amino, vitamin, mineral, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tak heran jika tanaman yang satu ini seringkali dimanfaatkan sebagai obat alami untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Tanaman ini juga cocok untuk menyembuhkan usus dan pencernaan anak sehat kembali.

Salah satu manfaat dari lidah buaya adalah dapat menyembuhkan luka bakar pada kulit akibat terkena minyak panas, di mana gel yang ada dalam lidah buaya ini dapat meregenerasi sel dalam kulit. Selain itu khasiat lidah buaya juga mampu mencegah bakteri, jamur, dan inflamasi atau peradangan akibat terkena minyak panas.

Cara Menggunakan Lidah Buaya untuk Sembuhkan Luka Bakar

Untuk menggunakan obat alami lidah buaya tersebut sangatlah mudah untuk Anda lakukan, dimana terdapat tahapan yang perlu diperhatikan agar proses penyembuhan luka bisa berjalan secara maksimal.

Berikut adalah tahapan penggunaan lidah buaya sebagai obat luka bakar terkena minyak panas.

  • Pertama saat Anda terkena minyak panas, usahakan bersihkan dan dinginkan luka menggunakan air bersih;
  • Kemudian siapkan beberapa tangkai daun lidah buaya yang sudah dicuci terlebih dahulu, lalu pisahkan antara gel dengan kulit yang menutupinya;
  • Selanjutnya oleskan gel secara merata ke luka bakar yang dialami, di sini Anda bisa membiarkannya beberapa saat hingga gel mengering;
  • Setelah selesai cucilah tangan Anda dengan air hingga gel lidah buaya tidak tersisa lagi, ulangilah cara ini 2-3 kali sehari agar luka bakar dapat segera sembuh.

Demikian beberapa langkah yang bisa Anda lakukan dalam mengobati luka bakar secara alami menggunakan khasiat lidah buaya.

Share this post on social media:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *