Storage Space Smartphone Penuh? Manfaatkan Alternatif Ini!

Saya pikir Anda salah satu dari sekian banyak pengguna smartphone yang sering mengeluh tak bisa menyimpan file-file penting karena ruang penyimpanan (storage space) smartphone-nya penuh, iya kan?

Menurut survei diterbitkan oleh Western Digital Corp. berjudul Indonesian Consumer Mobile Habit and Data Management Survey, 67% orang Indonesia pernah kehilangan data di smartphone mereka, yang berujung pada perasaaan kesal. Lebih dari 80% responden survey telah menyadari pentingnya melakukan back-up data. Namun, hanya sepertiga dari mereka yang melakukan back-up secara teratur selama sebulan sekali.

Storage space smartphone
Ukuran storage space pada smartphone menjadi perhatian serius bagi penggunanya. Ruang penyimpanan yang kecil membuat pengguna terpaksa membuang data mereka untuk menghindari smartphone-nya jadi hang.

Memang, masalah ini umum dialami bagi pengguna dengan memori smartphone yang terbilang kecil. Bahkan, hal ini dapat menyebabkan kinerja smartphone Anda sedikit lebih lambat dari biasanya. Benar-benar #DibuangSayang dibuatnya. Di satu sisi sangat berharap agar data-data penting dapat terus disimpan, di sisi lain, faktor space yang memang terbatas.

Meskipun demikian, smartphone dengan memori yang besar pun juga tidak menutup kemungkinan terhindar dari masalah tersebut. Hal ini bergantung pada seberapa besar ukuran file (seperti dokumen, foto, video, musik, aplikasi) tersimpan di smartphone Anda. Makin banyak Anda menyimpan file akan berdampak pula pada storage space yang tersedia di smartphone tersebut.

Berbicara tentang ruang penyimpanan erat kaitannya dengan spesifikasi smartphone itu sendiri. Umumnya, kualitas yang bagus berbanding lurus dengan harga yang ditawarkan. Namun, hal itu tidak menjamin space yang tersedia memiliki ukuran yang besar. Mungkin saja keunggulan pada fitur/komponen tertentu yang tidak dimiliki oleh smartphone lainnya.

Memori Internal

Seperti yang telah kita ketahui bahwa RAM (Random Access Memory) dan ROM (Read Only Memory) yang tersedia pada setiap smartphone memiliki andil besar terhadap kinerja smartphone itu sendiri. RAM difungsikan sebagai tempat penyimpanan sementara. Selain itu, RAM juga berfungsi sebagai wadah untuk menjalankan sistem (instruksi program) smartphone Anda. RAM yang kecil sering menyebabkan kinerja smartphone Anda lambat. Bahkan ketika Anda membuka file atau menjalankan aplikasi yang berukuran besar dapat membuat smartphone menjadi hang (tak ada respon). Banyak sekali pengguna yang mengeluhkan masalah ini.

Berbeda dengan ROM, istilah ini sama halnya dengan ruang penyimpanan internal smartphone. Di sinilah Anda dapat menyimpan file-file penting seperti dokumen, foto, video, musik, dan sebagainya. Aplikasi yang terinstal di smartphone Anda juga tersimpan di sini.

Umumnya, ROM yang tersedia di setiap smartphone berbeda-beda, ada yang 4GB, 8GB, 16GB, 32GB, dan seterusnya. Besar kecilnya ROM bergantung pada spesifikasi yang dikeluarkan oleh pabriknya. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa semakin banyak Anda menyimpan file, maka akan menggerus space smartphone Anda.

Kedua perangkat ini menyatu di dalam smartphone Anda. Sehingga, Anda tidak bisa mengubah besaran ukurannya. Namun, Anda bisa manfaatkan storage space lain sebagai alternatifnya.

Memori Eksternal

Ya, selain ruang penyimpanan internal (ROM), smartphone Anda tentunya telah tersedia slot untuk memuat MMC Card (kartu memori). Slot MMC Card ini berfungsi sebagai storage space tambahan smartphone Anda. Sehingga Anda memiliki banyak space yang bisa digunakan tidak hanya dari internal saja. Saya pikir setiap pengguna smartphone pasti menggunakan MMC Card ini.

Kelebihan dari MMC Card ini adalah sebagai ruang penyimpanan tambahan yang selalu berfungsi real time selama Anda menggunakan smartphone Anda. Selain itu, MMC Card ini juga bisa Anda gonta-ganti sesuai kebutuhan Anda. Namun, Anda juga perlu hati-hati sering gonta-ganti atau cabut-pasang MMC Card dapat menyebabkan perangkat sensor cepat aus. Kondisi ini dapat menyebabkan rusaknya fungsi slot MMC Card tersebut.

Besaran space untuk MMC Card itu sendiri variatif, mulai dari 2GB, 4GB, 8GB, 16GB, dan seterusnya. Namun, yang perlu Anda perhatikan adalah bahwa setiap smartphone memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam pemanfaatan MMC Card ini. Penggunaan MMC Card dengan ukuran yang besar (di luar kapasitas kemampuan smartphone) justru dapat memperparah kinerja smartphone Anda sendiri. Oleh karena itu, gunakan kartu memorinya sesuai dengan besaran ukuran yang direkomendasikan oleh vendor smartphone Anda.

Cloud Storage

Cloud storage merupakan tempat penyimpanan alternatif yang bisa Anda manfaatkan selain memori internal dan eksternal smartphone. Istilah ini dapat kita maknai sebagai ruang penyimpanan awan. What? Nyimpan file-nya di atas awan, gitu? Hmmmm…!!!

Cloud storage ini adalah ruang penyimpanan yang disediakan oleh pihak ketiga. Anda dapat menyimpan berbagai macam file dari smartphone baik itu dokumen, foto, video, musik, aplikasi, dan sebagainya di tempat ini. Namun, ada syarat yang mesti Anda penuhi. Apakah itu? Ya, smartphone Anda tentunya harus terkoneksi dengan internet yang nantinya digunakan untuk mentransfer data.

Selain itu, Anda juga harus memiliki akun keanggotaan terlebih dahulu untuk dapat menggunakan ruang penyimpanan ini. cloud storage ini tersedia secara berbayar dan gratis. Anda bisa pilih sesuai kebutuhan Anda. Dan tentunya, keuntungan yang versi berbayar adalah space yang tersedia lebih besar dan tingkat keamanan lebih terjamin jika dibandingkan dengan yang gratisan.

Salah satu contoh pihak ketiga yang menyediakan cloud storage seperti Google lewat fitur Google Drive-nya. Pada Google Drive ini, Anda bisa menyimpan segala macam file yang berasal dari smartphone Anda secara gratis. Anda cukup login dengan akun Google yang Anda miliki, maka Anda dapat meng-upload berbagai jenis file untuk disimpan di cloud storage ini. Space yang ditawarkanpun cukup besar sehingga tak perlu takut lagi ruang penyimpanan bakal penuh.

Kelebihan menggunakan cloud storage sebagai tempat penyimpanan adalah Anda tak perlu khawatir smartphone Anda bakal hang lagi sebab tidak berpengaruh secara langsung terhadap kinerja smartphone Anda. Menggunakan cloud storage sebagai ruang penyimpanan sama halnya melakukan back up data. Sehingga, saat smartphone Anda rusak, Anda tak perlu khawatir bakal kehilangan file-file penting Anda.

USB OTG

Baru mendengar istilah ini? USB OTG atau sebagian orang menyebutnya USB On The Go merupakan sebuah perangkat yang berfungsi membantu pengguna smartphone menyimpan data-datanya ke perangkat penyimpanan lain. USB OTG ini dapat membaca perangkat smartphone Anda tanpa bantuan komputer/laptop. Dengan USB OTG, memungkinkan Anda dapat menyimpan file seperti dokumen, foto, video, musik, dan sebagainya ke dalam flashdisk seperti halnya pada komputer/laptop. Ibaratnya, USB OTG ini adalah sebuah kabel penghubung antara port smartphone dengan port USB.

usb otg
USB OTG

Seiring perkembangannya, saat ini USB OTG tidak hanya berupa kabel penghubung saja. Namun, telah include dengan penyimpanannya, seperti USB OTG SanDisk, #DibuangSayang, #SanDiskAPAC yang sudah banyak beredar di pasaran. USB OTG ini merupakan storage space persis layaknya flashdisk. Anda dapat menggunakannya dengan mencolokkan ke port smartphone secara langsung untuk menyimpan data-data penting Anda, termasuk membaca data yang telah tersimpan di USB OTG ini.

storage space
USB OTG SanDisk

Anda dapat memiliki USB OTG SanDisk ini pada Official Store SanDisk di Shopee. Banyak model dan ukuran yang bisa Anda pilih. So, silakan dicek sendiri ya!

Lantas, apakah semua smartphone sudah mendukung USB OTG ini? Untuk mengetahuinya, Anda perlu mencari tahu spesifikasi yang tertera di buku pedoman atau box smartphone Anda, apakah sudah support dengan perangkat ini atau tidak.

Share this post on social media:

Comments
  1. Arman

    Wah, baru ngeh jika ada USB OTG yg sudah include space nya

  2. GSD

    Sepertinya saya baru mengenal USB OTG deh 😏

    • inulwara

      Hmmmmm…!

  3. Agustina

    Punya saya ROM yang ada sdh 64GB tapi ttp saja butuh USB OTG. Ruang penyimpanan yang besar memang sangat penting. Apalagi sebagian besar aktivitas saya selalu menggunakan handphone.

    • inulwara

      Tepat sekali

  4. Khairunnisa

    Memang tak bisa dipungkiri, aktivitas bisnis saya menggunakan WA selalu menyita banyak ruang untuk menyimpan data-data foto saya untuk diteruskan ke customer. Sudah tentu ruang penyimpanan yang kecil membuat bisnis terganggu

    • inulwara

      Setuju

  5. Iin

    Wah, henpon saya support gak yah. Sepertinya saya harus cari tahu dulu nih

    • inulwara

      Iya, betul. Tidak semua hp support dengan USB OTG ini. Namun, untuk hp keluaran terbaru sepertinya sdh lengkap mbak.

  6. wardati

    Sepertinya semua alternatif di atas telah saya terapkan untuk melindungi data-data penting saya

    • inulwara

      Setidaknya untuk jaga-jaga ketika handphone rusak, jadi data bisa diambil lagi, ya kan mbak. 😊

  7. 3835group

    nah ini yang di cari, memori hp jadi leluasa, mudah pindah data kalo begini

    • inulwara

      Yups, tepat sekali!

  8. Siti Mustiani

    Lebih praktis ya karena ukurannya kecil, jadi gak perlu khawatir barang bawaan jadi berat. Pastinya OTG ini lebih bermanfaat saat dibawa Traveling

    • inulwara

      Bisa dicolok juga ke laptop. Keren kan?

  9. Wiwin | Pratiwanggini.net

    Ternyata banyak pilihan penyimpanan data ya.. tinggal disesuaikan dengan kebutuhan. Kalo suka mobile tanpa butuh koneksi internet, ya solusinya USB OTG.

    • inulwara

      Tepat sekali!

  10. jalanjalankitadotcom

    alternative yang sangat penting banget ini kak, mana gk ribet pula. barangnya kecil jadi gk susah buat dibawa kemana-mana

    • inulwara

      meskipun kecil, space yang tersedia juga variatif. Tinggal pilih mau yang berapa GB buat nyimpan data-datanya

  11. Ariesadhar

    Barang andalan ketika mau beli HP nggak ada uang, tapi HP-nya kepenuhan. OTG aja~~

  12. Eri Udiyawati

    Dari pada ribet bikin akun atau yang lainnya. Malah kalau kelamaan memory HP segera full atau rusak, lebih baik memang dibackup pakai USB OTG SanDisk. Si mini yang kapasitasnya gede dari 16 GB sampai 128 GB.

    • inulwara

      Hati-hati nyimpannya, jangan sampai tercecer ya 😁

  13. Jeanette Agatha

    ini andalana aku kalau HP uda kepenuhan sama foto dan video, hihihi.

    • inulwara

      Jangan sampai penuh baru transfer mbak, kasian hp nya lemot 😄

  14. Rhoshandhayani K. T.

    iya, aku pakai sandisk usb otg juga
    aman
    bisa transfer dari sandisk ke hp
    praktis

  15. rayamakyus

    Yeps, saya merupakan bagian dari 67% org indo yang mengalami kehilangan data di smartphone T_T. Ya gitu deeeh karena malas backup data, akhirnya datanya hilang.

    Untung mampir disini dan nemu tulisan ini. Trims infonya yaa *langsungcariUSBOTG*

    • inulwara

      Hmmmm… sayang loh momen-momen penting terbuang. Back up data itu memang penting. Jangan lupa cari storage yang gedean biar gak cepat penuh.

  16. Aldhi Fajar Maudhi

    Sebelum tau ada USB OTG aku pindah data yg simple itu pake WA..
    tapi kekurangannya data jadi berubah misal gambar,,
    nanti itu gbs diedit..
    setrelah ada SanDisk OTG malah ketagihan pake terus buat mindah sama backup data
    nice share mas

    • inulwara

      Kalo dulu saya transfernya via tele 😄

  17. Monica Anggen

    Itu mainan kecil-kecilnya lucu banget. Pinjem doong. Btw, memang ya storage smartphone penuh itu bikin kesal. Mesti rajin pindahin data ke penyimpanan lain agar storage di smartphone aman terkendali

  18. Khoirur Rohmah

    Aku prefer pilih gunain USB OTG SanDisk aja mas, gampang, bisa buat banyak untuk backup data smartphone yang kadang tiba2 penuh gegara banyak jepret foto atau video

  19. Fachrur Rozi l ZEEVORTE

    Inilah mengapa smartphone saya sering penuh ternyata tidak di pindahkan menggunakan OTG sandisk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *