Bosen Wisata yang Itu-itu Saja? Yuk, Coba Datangi 4 Tempat Wisata Ini, Dijamin Mengedukasi!

Mengisi waktu liburan singkat di akhir pekan bisa kamu lakukan dengan mengunjungi beragam tempat menarik di ibu kota seperti mall, kafe ataupun bioskop. Tapi, kalau kamu sudah bosan mengunjungi tempat-tempat tersebut, mungkin sudah saatnya kamu beralih ke wisata edukasi dengan mengunjungi beberapa museum ternama di Jakarta, berikut ini:

1. Museum Fatahillah

Museum yang terletak di kawasan Kota Tua, Jalan Taman Fatahillah No.1, Jakarta Barat ini menyimpan lebih dari 20 ribu koleksi peninggalan mulai dari zaman prasejarah hingga masa setelah kemerdekaan. Baik dalam bentuk asli maupun replika tersimpan rapih di museum yang sudah dibangun ketika era kepemimpinan Gubernur Jendral Jan Pieterszoon Coen pada tahun 1960 silam.

tempat-wisata-mengedukasi
Museum Fatahillah, Kota Tua, Jakarta Barat

Desainnya yang khas bergaya neo klasik terbilang cukup mirip dengan Istana Raja Amsterdam. Konon, Museum Fatahilla digunakan sebagai kantor administrasi Batavia dan tempat persidangan Dewan Pengadilan. Ketika memasuki museum ini, kamu akan disuguhkan pemandangan era Batavia berupa barang peninggalan bekas jajahan Belanda dan penjara bawah tanah yang digunakan untuk mengurung tahanan kala itu.

Jika tertarik mengunjungi museum ini, kamu bisa datang diantara hari Selasa hingga Minggu mulai dari pukul 9 pagi. Harga tiket yang dibanderol pun sangat terjangkau, kamu hanya perlu menyiapkan uang Rp 5 ribu saja.

2. Museum Taman Prasasti

Destinasi wisata lainnya untuk mengisi liburan singkatmu adalah dengan mengunjungi Museum Taman Prasasti. Lokasinya yang berada di kawasan Jalan Tanah Abang I No.1, Gambir, Jakarta Pusat tentu akan membuat kamu terkagum. Bagaimana tidak, museum ini memang lebih identik dengan pemakaman seperti nisan, kereta jenazah antik, dan miniatur makam khas dari 27 provinsi di Indonesia.

4-tempat-wisata-mengedukasi
Museum Taman Prasasti, Jakarta Pusat

Pada masa penjajahan Belanda kala itu, museum ini memang digunakan sebagai area pemakaman. Beberapa tokoh ternama seperti Dr. Jan Laurens, Andries Brandes, J. J Pierrie, Soe Hok Gie, hingga artis kenamaan Indonesia pada tahun 1930an Miss Riboet.

Pada saat mengunjungi Museum Taman Prasasti, kamu akan melihat dua buah kereta jenazah yang berada persis sebelum loket tiket. Tak hanya kereta jenazah saja, selanjutnya kamu akan disuguhkan pemandangan mencekam karena adanya dua buah peti jenazah didalam kaca yang konon digunakan oleh Soekarno dan Mohammad Hatta.

Bagi kamu yang menyukai wisata mistis sekaligus mempelajari sejarah terdahulu, museum ini benar-benar pantas untuk masuk dalam daftar liburan singkat loh. Harga tiket yang terjangkau yaitu mulai dari harga Rp 2 ribu hingga Rp 5 ribu saja. Sebagai tambahan, museum ini tidak dibuka untuk malam hari ya, jadi kamu hanya bisa mengunjungi nya pada waktu jam 9 pagi sampai 5 sore saja.

Baca Juga: Menikmati Liburan Romantis di Korea Sampai Maldives

3. Museum Minyak dan Gas Bumi

Museum yang diresmikan Presiden Soeharto pada tahun 1989 ini dibangun untuk memperingati 100 tahun industri minyak dan gas bumi Indonesia. Bangunan utama museum yang terletak di atas danau buatan seluas 11 ribu meter persegi ini menjadi ciri khas dari Museum Minyak dan Gas Bumi yang disebut anjungan Eksplorasi. Sedangkan dua bangunan berbentuk bundar di samping kanan dan kiri bangunan utama disebut anjungan pengolahan. Bentuknya yang offshore platform semakin menambah kesan unik dari museum tersebut.

4-tempat-wisata-mengedukasi
Museum Minyak dan Gas Bumi, TMII, Jakarta Timur

Terdapat ruang pameran yang menunjukkan sejarah gedung perminyakan, teater dengan berbagai film pendek, peralatan pengeboran minyak, peragaan sejarah, hingga perpustakaan tersedia lengkap disana. Untuk berkunjung ke Museum Minyak dan Gas Bumi, kamu bisa datang ke Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur diantara hari Senin sampai Minggu dari jam 7 pagi hingga 10 malam.

4. Museum Macan

Museum terakhir yang bisa kamu kunjungi untuk mengisi waktu liburan singkat adalah Museum Macan (Modern and Contemporary Art in Nusantara). Berada di lokasi AKR Tower Level MM, Kebon Jeruk, Jakarta Barat ini tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan yang ingin melihat langsung karya kontemporer dan modern ala seniman Indonesia maupun internasional.

4-tempat-wisata-mengedukasi
Museum Macan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat

Museum Macan adalah museum pertama bergaya modern yang jauh berbeda dari kebanyakan museum di Indonesia. Beberapa karya bahkan dijadikan latar untuk swafoto pengunjung seperti dots obsession, infinity mirrored room, obliteration room, dan masih banyak lagi.

Jika ingin mengunjungi museum ini, kamu bisa datang diantara jam 10 pagi hingga 7 malam. Harga tiket yang dibanderol untuk memasuki museum adalah Rp 100 ribu (dewasa), Rp 90 ribu (pelajar), dan Rp 80 ribu (anak-anak). Pemesanan tiketnya pun bisa kamu lakukan secara online lewat website resminya. Namun untuk memastikan ketersediaan tiket, kamu bisa mendatangi terlebih dahulu museum tersebut beberapa hari sebelum hari kunjungan.

Itulah beberapa referensi museum yang bisa kamu kunjuungi di hari libur. Mengunjungi museum bisa sangat menyenangkan dan pastinya menambah wawasan baru bukan? Informasi lainnya seputar liburan singkat juga bisa kamu baca melalui laman situs https://www.cekaja.com/info/liburan-singkat-cek-5-tempat-wisata-unik-di-jabodetabek/.

Share this post on social media:

Comments
  1. Iwar

    Noted. Makasih infonya. Siapa tahu pas liburan ke jakarta nanti sekalian mampir ke sana buat nambah wawasan pastinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *