8 Jenis Motif Batik Indonesia yang Populer

Batik merupakan salah satu kerajinan di Indonesia yang diimplementasikan ke dalam pakaian. Corak batik ini sering digunakan untuk berbagai acara formal. Bahkan beberapa pakaian dinas kerja menggunakan motif batik Indonesia. Anda akan memiliki pesona yang berbeda saat mengenakan batik. Berikut 8 jenis motif batik yang populer di tanah air tercinta ini.

Motif Batik Indonesia
Terlihat Prabowo sedang mengenakan batik Indonesia jenis motif parang

1. Motif Megamendung

Anda bisa memilih motif dari daerah Cirebon yang disebut batik Megamendung. Motif dengan ciri khas berbentuk awan besar yang warnanya dibuat cerah dan mencolok. Anda yang suka dengan warna terang sangat cocok memilih batik ini. Pilihan warnanya ada biru, merah tua, hijau tua, dan ungu.

2. Motif Bali

Tidak hanya terkenal sebagai Pulau Dewata, Bali juga memiliki motif batik yang tidak kalah populer. Motif batik dari Bali sangat khas karena terinspirasi dari berbagai jenis hewan yang lucu yaitu kura-kura, rusa, dan burung bangau. Warna batik dari Bali juga dominan dengan warna cerah yaitu kuning, biru, dan ungu.

3. Motif Tujuh Rupa

Batik Indonesia yang motifnya tidak kalah menarik adalah motif tujuh rupa. Sebuah motif yang berasal dari daerah Pekalongan. Motif ini nuansanya sangat khas dengan kebudayaan Indonesia. Motifnya berasal dari campuran kebudayaan lokal Pekalongan dengan etnis Cina.

Motif yang terkenal dari Pekalongan ini adalah buketan, terang bulan, pisan bali, lung-lungan, dan semen. Anda yang memilih jenis batik ini bisa mengkombinasikannya dengan bawahan polos sehingga memberikan kesan elegan saat dikenakan.

4. Motif Parang

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan motif parang yang dikatakan sebagai batik asli Indonesia sejak zaman Mataram Kartasura. Motif yang menjadi sebuah pedoman untuk menentukan derajat kebangsawanan seseorang. Konon katanya dulu motif ini hanya dapat dikenakan oleh keturunan raja.

Wajar saja jika motif batik parang ini memang terbilang mahal di pasaran. Bentuk motif ini membentuk seperti huruf s yang saling berkaitan, terjalin, dan berkesinambungan. Bentuk menyerupai huruf s ini diadaptasi dari bentuk ombak yang penuh semangat.

5. Motif Keraton

Motif lainnya yang tak kalah populer adalah motif batik Keraton. Sebuah motif yang awalnya dibuat oleh putrid an pengrajin batik di lingkungan Keraton. Ciri khas dari motif ini memiliki kesan elegan, sacral, dan menanamkan filosofi kehidupan.

6. Motif Pring Sedapur Magetan

Anda dapat memilih motif lainnya yaitu motif pring sedapur Magetan. Sebuah motif batik yang simpel. Batik ini motifnya khas dengan gambar-gambar tanaman bambu yang mendominasi. Motif bambu memiliki arti tentang hidup yang rukun dan tentram.

7. Motif Candi

Jalan-jalan ke Malang jangan lupa untuk membeli batik khas daerah ini. Motif batiknya adalah gambar candi yang ada di sekitar Kota Malang. Motif dari daerah ini merupakan motif batik kebanggaan daerah Jawa Timur. Anda bisa memilih motif yang disukai dengan menjadikannya pakaian seragam keluarga atau pun untuk dipakai kerja.

8. Motif Batik Solo

Salah satu batik yang populer dan menjadi incaran adalah batik Solo. Batik yang kainnya super lembut dan adem dikenakan. Batik dari daerah ini identik dengan motif yang berwarna kecokelatan. Konsep yang digunakan pada batik ini sangat tradisional dengan bahan-bahan alami. Motifnya khas dengan gelombang-gelombang sungai bengawan Solo.

Anda bisa memilih batik Indonesia mana yang akan dikenakan. Semua motif menarik, hanya sesuai dengan selera saja sukanya bernuansa apa dan warnanya. Anda bisa mendapatkan berbagai motif batik ini di toko pakaian batik atau membeli bahan dasarnya.

Share this post on social media:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *