Lakukan Hal Berikut Agar Cepat Mahir Berbahasa Inggris

Di zaman sekarang ini, menguasai bahasa Inggris menjadi salah satu keterampilan yang sangat dibutuhkan. Seperti yang kita tahu, di era globalisasi banyak sekali kemajuan-kemajuan di segala bidang, salah satunya adanya perdagangan bebas. Adanya perdagangan bebas membuat banyak perusahaan asing yang berdiri di Indonesia.

Mahir berbahasa Inggris
Mahir berbahasa Inggris menjadi keharusan setiap orang. Selain sebagai bahasa internasional, era globalisasi dan makin ketatnya persaingan dunia usaha menjadikan bahasa Inggris wajib untuk dikuasai.

Begitu juga dengan pekerja asing yang semakin bebas berdatangan di perusahaan tersebut. Dampaknya persaingan di dunia kerja menjadi semakin ketat. Memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni sangat diperlukan agar tidak kalah saing dengan pekerja asing lainnya. Salah satu keterampilan yang harus dimiliki adalah kemampuan berbahasa Inggris.

Seperti yang kita tahu, bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional yang banyak digunakan untuk berkomunikasi oleh masyarakat di dunia. Dengan menguasai bahasa Inggris, kita akan lebih leluasa dan tidak terkendala saat berbicara dengan orang baru dari bangsa manapun.

Untuk itu, penting untuk mulai belajar dari sekarang. Bagi yang masih pemula bahasa Inggris, tidak perlu malu untuk belajar dari nol. Asalkan disertai niat dan usaha belajar yang sungguh-sungguh, pastinya hal yang tidak mungkin akan menjadi mungkin.

Memang tidak ada sesuatu yang instan. Untuk menguasai bahasa Inggris pastinya setahap demi setahap, baru akhirnya bisa semakin mahir. Nah, agar lebih cepat menguasai, berikut ini ada beberapa hal yang perlu dilakukan bagi Anda yang pemula belajar bahasa Inggris, yaitu:

  1. Sering menonton film berbahasa Inggris tanpa subtitle;
  2. Jadikan berbicara bahasa Inggris sebagai kebiasaan;
  3. Terus berlatih berbahasa Inggris dengan sering memasukkan kata atau kalimat bahasa Inggris saat berbicara dengan teman. Hal ini berguna untuk melatih kemampuan speaking;
  4. Rajin mendengarkan lagu berbahasa Inggris;
  5. Hafalkan dan pelajari kata-kata berbahasa Inggris, setidaknya 2 kata per hari;
  6. Rajin membaca tulisan berbahasa Inggris, bisa dari novel bahasa Inggris, artikel bahasa Inggris, dan lain-lain;
  7. Mencoba menulis dalam bahasa Inggris;
  8. Berteman dengan orang yang jago atau mahir berbahasa Inggris, caranya bisa dengan mengikuti komunitas berbahasa Inggris atau bergaul dengan teman yang pandai berbahasa Inggris di lingkungan sekitar Anda; dan
  9. Mengikuti kursus bahasa Inggris di tempat yang profesional, seperti di English First (EF) contohnya.

Itulah beberapa poin yang perlu Anda lakukan untuk mengembangkan dan mengasah kemampuan berbahasa Inggris. Tentunya, hal-hal di atas harus menjadi rutinitas agar progress belajar bahasa Inggrisnya semakin meningkat.

Share this post on social media:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *