Tips Jitu Memilih Produk Reksadana yang Menguntungkan

Reksadana merupakan salah satu bentuk investasi yang mendatangkan keuntungan berlipat ganda bagi investornya. Investasi ini bergerak di pasar modal, sehingga investor menabung lewat saham, obligasi, dan juga deposito. Tak hanya investor ulung, pemula di bidang investasi pun dianjurkan untuk memilih reksadana. Pemula bisa mengikuti tips berikut dalam memilih produk reksadana.

produk reksadana
Produk reksadana saat ini cukup variatif. Namun, Anda bisa mendapatkannya pada perusahaan yang sudah berpengalaman dan tentunya terpercaya.

1. Cari Tahu Tujuan Anda Memilih Investasi Reksadana

Memilih reksadana sebagai pilihan investasi Anda, tentu dilandasi oleh suatu alasan tertentu. Misalnya saja, Anda ingin nantinya bisa membeli rumah di usia tertentu atau pun untuk modal menyekolahkan anak hingga perguruan tinggi nantinya. Nah, jadikanlah tujuan Anda di masa depan ini sebagai dasar Anda dalam memilih reksadana yang begitu bejibun ragamnya di pasar modal.

Saat ini, ada sudah tersedia aplikasi yang bisa memudahkan Anda dalam memilih bentuk reksadana yang cocok untuk kebutuhan Anda. Dengan memasukkan informasi seperti kebutuhan Anda, jangka waktu investasi, dan juga dana yang telah tersedia, secara otomatis akan dipilihkan bentuk reksadana yang sesuai. Reksadana itu bisa dalam bentuk saham, pasar uang, dan lainnya.

2. Pahamilah Profil Risiko Anda Sendiri

Sebelum memilih bentuk investasi reksadana, ada baiknya Anda mengenal diri sendiri terlebih dahulu. Kenali diri Anda, apakah Anda termasuk yang berani mengambil risiko atau malah ragu dan tak berani melakukan tindakan yang lumayan berisiko. Hal ini nantinya akan sangat berhubungan dengan jenis reksadana yang dipilih. Semakin berisiko, keuntungannya makin besar.

Jika Anda merupakan orang yang berani mengambil risiko, maka jangan ragu untuk langsung masuk ke pasar saham. Sesuai dengan risikonya yang lumayan tinggi, investasi reksadana saham memang menjanjikan keuntungan yang lumayan besar. Namun, jika Anda masih ragu-ragu, Anda bisa memilih reksadana pasar uang. Produk reksadana ini lebih minim risiko dibanding saham.

3. Tentukan Berapa Lama Jangka Waktu Melakukan Investasi

Perkiraan waktu Anda untuk melakukan investasi, merupakan salah satu faktor penting untuk menentukan reksadana yang cocok dan menguntungkan Anda. Jadi, agar bisa mendapatkan keuntungan lewat investasi reksadana jangka panjang ataupun pendek, produk yang dipilih pun harus sesuai. Dengan begini, outcome dari investasi reksadana yang dijalankan akan lebih terasa.

Jika Anda ingin melakukan investasi dalam jangka waktu 1 hingga 2 tahun, lebih baik untuk memilih reksadana pasar uang. Untuk investasi dalam jangka waktu 2 hingga 4 tahun ke depan, pilihlah reksadana pendapatan tetap. Jika ingin investasi untuk 4 hingga 6 tahun ke depan, pilihlah reksadana campuran. Untuk investasi lebih dari 6 tahun, maka reksadana saham yang paling tepat.

4. Pilihlah Reksadana dengan Biaya Pengelolaan yang Pas

Dalam melakukan investasi reksadana, Anda harus mengeluarkan biaya pengelolaan atas investasi tersebut. Biaya pengelolaan ini nantinya akan menutupi biaya pembelian investasi reksadana dan penambahannya, serta biaya penjualan investasi reksadana dan penarikan dananya. Selain itu, Anda juga harus membayar manajemen yang bertugas untuk mengelola investasi reksadana Anda.

Biaya ini nantinya akan Anda bayarkan pada pihak manajemen investasi. Jadi, Anda sangat dianjurkan untuk membandingkan dulu harga jasa dari masing-masing manajemen, agar mendapatkan biaya pengelolaan terbaik dengan servis yang berkualitas. Manajemen investasi yang berpengalaman, akan mengelola dengan baik investasi reksadana di pasar modal yang fluktuatif.

Investasi reksadana merupakan salah satu jenis investasi yang begitu menjanjikan. Bagi Anda yang belum pernah mengikuti investasi reksadana, tak usah ragu untuk segera mencoba jenis investasi dengan keuntungan yang lumayan besar ini. Anda bisa mengikuti tips dalam memilih produk reksadana yang telah dipaparkan di atas, agar bisa menjadi seorang investor reksadana ulung.

Share this post on social media:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *