Cegah Penyakit Ini dengan Cara Mengusir Tikus yang Aman

Tak jarang, terdapat gangguan hama di rumah bagai tamu tak diundang yaitu berupa tikus. Pengerat kecil yang umumnya tinggal di dapur, gudang, dan tempat kotor lainnya, memang sering membuat onar. Karena hidupnya yang tak sehat, tikus bisa menularkan berbagai penyakit. Cara mengusir tikus yang aman ini perlu dilakukan untuk mencegah penularan penyakit dari tikus.

Cara mengusir tikus
Tikus termasuk hama yang cukup mengganggu. Tak hanya suka merusak tanaman petani, tikus juga cukup meresahkan penghuni rumah

Penyakit yang Ditularkan oleh Tikus

Tidak hanya kebiasaannya sebagai perusuh di dapur, gudang, dan tempat lainnya di rumah, tikus juga betah tinggal di bagian kotor. Tempat kotor yang sering ditempati tikus adalah tempat sampah, selokan, gorong-gorong, dan sebagainya. Karenanya, tidak heran apabila banyak penyakit berbahaya yang menyebar ke manusia lewat tikus. Lalu, apa sajakah penyakit tersebut?

Anda pasti sudah pernah mendengar leptospirosis. Infeksi bakteri spiral ini bisa menular dari hewan ke manusia. Bakteri yang ditularkan disebut Leptospira interrogans yang begitu mudahnya berpindah saat seseorang mempunyai luka terbuka dan bersentuhan langsung dengan tanah ataupun air yang mengandung urin serta darah tikus.

Menyentuh air, tanah, atau benda lain yang terkontaminasi bakteri tersebut juga dapat menularkan leptospirosis. Penyakit ini sangat berbahaya karena bisa berkembang menjadi meningitis (peradangan selaput otak), kerusakan ginjal, gangguan pernapasan, sampai berujung pada kematian. Memang tidak hanya tikus, hewan pengerat lain juga bisa menularkannya.

Penyakit pes yang merupakan infeksi bakteri Yersinia pestis ditularkan lewat kutu. Ketika kutu yang mempunyai bakteri pes dari hewan pengerat itu menggigit Anda, maka bisa menginfeksi dan menularkan pes.

RBF (Rat Bite Fever) yang disebabkan adanya infeksi bakteri Spirillum minus ataupun Streptobacillus moniliformis dari tikus juga bisa ditularkan lewat air liurnya yang menyentuh makanan dan minuman.

Hantavirus Pulmonary Syndrome (HPS) yang gejalanya seperti flu yang berkembang sampai persoalan pencernaan dan pernapasan yang mengancam, juga perlu diwaspadai. Penularannya berasal dari menyentuh benda yang terkena oleh tikus yang terinfeksi bakteri ini ataupun mengonsumsi makanan atau minuman yang sudah tersentuh tikus.

Cara Mengusir Tikus yang Aman Bagi Kesehatan

Setelah mengetahui berbagai bahaya dari penyakit yang bisa ditularkan tikus sekaligus cara penularannya, Anda harus mengetahui cara mengusir tikus yang benar. Demi kesehatan, lakukanlah cara yang aman. Pengusiran secara alami dapat dilakukan dengan menyediakan hewan predatornya, seperti kucing. Anda juga dapat memasang perangkap tikus.

Kapur barus juga aman dan ampuh mengusir tikus karena pengerat kecil tersebut tidak menyukai aromanya yang harum menyengat. Tempatkan kapur barus atau kamper ini di tempat yang sering ditinggali atau dilalui tikus. Memelihara jangkrik juga dapat mengusir tikus karena hewan pengerat itu tidak suka di tempat yang berisik.

Bahkan, bahan alami seperti kulit durian dapat digunakan untuk mengusir tikus. Potonglah kulit durian dan letakkan di tempat yang sering didatangi tikus. Daun mint adalah bahan alami lainnya yang ampuh mengusir tikus. Siapkan saja seikat daun mint. Ambillah sarinya dan larutkan dalam air. Semprotkan cairannya di area yang sering dilewati tikus, maka tikus akan pergi.

Irisan bawang merah juga ampuh mengusir tikus. Hewan itu tidak menyukai aroma bumbu dapur yang menyengat ini. lada bubuk yang berbau menyengat juga mampu mengusir tikus dengan mudah. bagi Anda yang suka mengonsumsi teh, kantung bekas teh celup bisa digunakan untuk mengusir tikus karena kandungan peppermint. Pastikan kantung tehnya masih lembab.

Itulah berbagai penjelasan mengenai cara mengusir tikus agar Anda mampu hidup sehat, tanpa tertular penyakit yang ditularkan tikus. Berbagai cara tersebut dinilai aman dan mampu membasmi tikus hingga tak balik lagi. Anda dapat mencoba beberapa caranya dan mengetahui mana yang paling memungkinkan. Dengan demikian, Anda tak akan was-was lagi.

Share this post on social media:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *