Gangguan Pendengaran? Atasi dengan Beberapa Pilihan Terapi ini!

Terapi gangguan pendengaran pada umumnya tidak dapat disamaratakan karena bergantung pada gangguan seperti apa yang dialami. Masalah pendengaran bisa terjadi pada siapa saja yang kurang beruntung. Orang-orang yang kurang beruntung tersebut dikategorikan menjadi beberapa jenis, yakni:

gangguan pendengaran
Gangguan pendengaran pada umumnya bisa terjadi pada siapa saja yang kurang beruntung. Terdapat 3 jenis gangguan pendengaran yang sering ditemukan
  • Tuli konduktif yang merupakan gangguan telinga apabila penyakit ini dimulai dari telinga luar, lantas menyebar ke telinga tengah, dan terakhir merambat ke telinga dalam.
  • Tuli sensorineural dengan pengertian gangguan dari dalam telinga dan akhirnya merambah ke system saraf sehingga terjadilah kurangnya pendengaran pada seseorang.
  • Ada pula orang yang mengalami kurang dengar karena dua kombinasi jenis tuli di atas, yakni tuli konduktif dan tuli sensorineural.

Jenis Alat Bantu Dengar

Alat bantu dengar yang digunakan bisa dikategorikan pada dua macam, yakni yang bisa dilepas dan yang tidak bisa dilepas. Untuk jenis yang bisa dilepas ini ada dua macam antara lain:

  • Alat bantu dengar analog dengan system kerja lebih sederhana karena tinggal mengubah gelombang listrik menjadi gelombang suara.
  • Alat bantu dengar digital yang sistemnya lebih kompleks karena melibatkan kode unik komputer, namun tujuannya sama yakni agar pengguna lebih mudah mendapatkan pendengaran.

Cara Memasang Alat Bantu Dengar

Alat bantu dengar ini bisa dipasang dengan dua cara, yaitu:

  • Open fit, sebuah alat dengar yang bagian paling besarnya diletakkan di belakang telinga. Alat seperti ini konon lebih disukai karena tidak terkesan menyumbat telinga dan jauh lebih praktis dari jenis alat lainnya.
  • Ada juga alat bantu yang dimasukkan langsung ke liang telinga dengan ukuran lebih kecil tentunya. Sayangnya jika Anda tidak jeli, nantinya ketika hendak melepaskan, akan terasa kesulitan sampai dengan kondisi paling parah adalah tidak bisa dikeluarkan sama sekali.

Di samping alat bantu dengar sebenarnya Anda juga bisa melakukan operasi kecil atau implant koklea. Tapi, pun implant koklea tidak bisa dilakukan, Anda bisa membeli alat bantu dengar di pusatalatbantudengarmelawai.com saja. Tersedia berbagai jenis alat bantu dengar, termasuk alat bantu untuk orang dengan keluhan kurang pendengaran sebelah.

Di samping itu masih banyak lagi jenis alat bantu dengar lainnya yang bisa didapatkan demi kelancaran komunikasi penderita gangguan telinga.

Share this post on social media:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *