Pulau Mas Barabai: Manjakan Pengunjung dengan Pemandian dan Swafoto

Jika sebelumnya telah populer tempat pemandian bernama Riam Bajandik, kini muncul lagi salah satu tempat serupa yang lagi hits di kalangan para wisatawan di kota Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

Pulau Mas
Pulau Mas menjadi salah satu alternatif kunjungan wisatawan dalam mengisi hari libur sambil bermain air. Meskipun baru dibuka, saat ini pengunjungnya mencapai ribuan

Yups, namanya Pulau Mas. Tempat ini masih satu desa dengan tempat pemandian Riam Bajandik dan juga masih dalam satu aliran sungai yang sama, yakni Sungai Wake.

Lokasi Pulau Mas

Terletak di kabupaten HST, Barabai, lokasinya agak sedikit ke hulu dari Riam Bajandik, kurang lebih sekitar 300 meter. Dari Riam Bajandik terlihat jelas Pulau Mas ini. Jika malas menggunakan kendaraan yang sudah terparkir, Anda bisa berjalan kaki atau menaiki perahu kecil (jukung) dari Riam Bajandik ke Pulau Mas. Begitu pula sebaliknya.

Di Pulau Mas sendiri, pengunjung dapat langsung menggunakan kendaraannya hingga sampai ke lokasi karena tempatnya yang berada tepat di pinggiran aliran sungai. Anda juga bisa dimungkinkan sambil mencuci kendaraan saat berada di sana.

Dinamai Pulau Mas, konon waktu bahari di tempat ini mudah sekali didapat butiran-butiran emas. Hingga para pendulang dari berbagai daerah ramai-ramai mendulang emas di tempat ini.

Bermain Air dan Swafoto

Pulau Mas menjadi salah satu alternatif kunjungan wisatawan dalam mengisi hari libur sambil bermain air. Selain itu, pengunjung juga bisa leluasa berswafoto ria dengan spot indah yang tersaji baik secara alami maupun buatan.

Anda yang suka bermain air bisa memilih lokasi yang tepat karena di tempat ini selain arus yang lumayan deras juga terdapat bagian yang dalam. Terlebih untuk Anda yang mengajak anak-anak, cukup tempatkan mereka di bagian yang dangkal dan arusnya yang tidak terlalu kuat.

Pulau mas
Terdapat tempat penyewaan ban karet untuk pengunjung yang ingin bermain tubing trip

Tenang, di tempat ini sangat luas untuk anak-anak bermain air karena background sungainya juga didominasi hamparan batu seperti di Riam Bajandik. Tentunya, tetap dengan pengawasan orang tua. Jangan biarkan anak berenang sendirian.

Selain itu, di Pulau Mas ini juga terdapat spot swafoto buatan berupa taman mini yang dilengkapi jembatan dari pohon bambu. Anda juga dapat beristirahat sambil minum maupun makan di meja-meja santai yang berada di tepian sambil menikmati gemercik air sungai yang mengalir.

Pulau Mas
Berwisata sambil berswafoto sudah menjadi keharusan setiap pengunjung untuk mengabadikan momen rekreasi mereka

Bagaimana, sudah ada rencana untuk berkunjung ke sana? Anda bisa berkunjung kapan saja karena setiap hari selalu dibuka untuk umum. Biasanya dimulai pukul 08.00 pagi sampai dengan pukul 18.00 WITA sore.

Oh ya, karena wisata ini sungainya langsung dari pegunungan, hindari berkunjung saat cuaca yang tidak bersahabat. Karena bisa saja sewaktu-waktu air sungainya meluap. Cari momen yang pas untuk berkunjung saat cuaca cerah.

Share this post on social media:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *