Catat! Ini Tips Membeli Skincare Online yang Harus Kamu Perhatikan!

Dewasa ini banyak online shopping dan marketplace yang menjamur di internet. Tidak aneh, hanya dengan menggunakan akses internet saja, kamu dengan mudah mendapatkan produk apapun yang kamu inginkan tanpa harus beranjak dari tempat tidurmu.

membeli-skincare-online
Membeli skincare dapat dilakukan secara online atau dengan datang secara langsung ke toko-toko konvensional

Produk-produk yang diperjualbelikan pada situs-situs marketplace dan online shopping juga sangat beragam, salah satu yang paling banyak dicari adalah produk perawatan kulit atau disebut dengan skincare.

Salah satu digital marketing agency di Jakarta, Datamaya Consulting, juga membenarkan hal tersebut, dimana banyak klien dari bidang skincare yang menggunakan jasa digital marketing mereka untuk mendapatkan pelanggan. Perusahaan skincare tersebut menyadari, era saat ini berjualan secara online adalah keharusan karena target pelanggan mereka banyak yang menggunakan internet untuk survey, baca ulasan, testimoni, dan membeli secara online.

Meskipun praktis dan lebih hemat, belanja online dapat berisiko karena kita tidak mengetahui persis barang yang kita beli sampai barang tersebut tiba di tujuan. Nah, untuk menghindari bad experience tersebut, intip dulu tips membeli skincare secara online berikut ini!

Gunakan Merek Skincare yang Sama Secara Konsisten

Dengan canggihnya digital saat ini, kamu bisa mendapatkan produk kecantikan yang bukan berasal dari Indonesia. Banyak online shop yang bisa menjadi perantara untuk membeli skincare yang kamu inginkan. Tapi perlu kamu ketahui, terlalu banyak produk berbeda yang kamu gunakan pada wajah dapat menimbulkan risiko kerusakan dikarenakan ketidakcocokan terhadap bahan-bahannya. Ketika kamu menggunakan merek berbeda, maka kadar kandungan yang kamu aplikasikan juga akan berbeda.

Maka dari itu kamu disarankan untuk jangan menjadi korban ‘variasi skincare’ yang terlalu banyak. Coba batasi penggunaan skincare pada satu atau dua merek skincare saja. Jika kamu ragu, cobalah untuk membeli tester-nya terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mengurangi resiko alergi karena tidak cocok dengan merek yang kamu gunakan.

Fokus Pada Bahan

Kecuali kamu sudah tahu persis bahwa produk yang akan kamu gunakan tidak akan menimbulkan alergi, maka kamu harus benar-benar membaca kandungan yang dimiliki oleh skincare yang akan kamu beli. Menurut Mulibinge Mauridi, pendiri Maurisi Cosmetic LLC, produk yang mengandung bahan alami dapat menjaga kesehatan rambut, kuku, dan kulit dengan aman.

Ada beberapa kandungan yang dilarang untuk digunakan, misalnya paraben dan hidroquinon. Namun tentu kamu tidak bisa melakukan pengecekan terlebih ketika belum pernah mencoba produk tersebut sebelumnya. Untuk itu disarankan untuk langsung melakukan pengecekan pada laboratorium tertentu sebelum menggunakannya.

Tidak jarang juga sebuah produk sudah memiliki inovasi tertentu, dimana bahan yang digunakan sama sekali baru. Contoh, produk penebal rambut akibat kebotakan. Dulu mungkin kita hanya mengenal shampo atau hair tonic. Tapi tahukah Anda bahwa sekarang ada bahan instant penebal rambut yang menggunakan bahan bernama serbuk rambut sebagai solusi kebotakan?

Konsultasikan Pada Dermatologis

Jujur saja — walaupun membeli produk kecantikan di online shop menjadi sebuah tren belakangan ini, tujuanmu untuk membeli skincare adalah untuk mempercantik kulit. Setuju?

Tapi ada beberapa hal yang tak bisa kamu ubah, yaitu kecocokan kulitmu terhadap satu kandungan produk. Itulah mengapa sangat disarankan untuk melakukan konsultasi dengan dermatologis sebelum kamu memutuskan untuk membeli produk skincare online.

Tak hanya untuk menghindari resiko terjadinya alergi, konsultasi dengan dermatologis juga bertujuan untuk mengetahui jenis dan kebutuhan kulitmu. Dengan ini kamu tidak perlu repot-repot mencoba-coba produk yang belum tentu cocok.

Pada dasarnya, membeli skincare secara online itu sah-sah saja. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar kamu tidak salah dalam mengambil keputusan. Dari deretan tips di atas, manakah yang akan kamu lakukan terlebih dahulu?

Share this post on social media:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *