Sebelum Salah Langkah, Ini Dia Cara Memangkas Biaya Operasional Perusahaan Agar Tak Merugi

Dalam membangun sebuah usaha, tentu bertujuan untuk meraup keuntungan sebanyak-banyaknya. Tak ada satupun usaha yang merugi. Namun untuk mendapatkan tujuan, tentu ada beberapa hal dan pengorbanan yang harus dilakukan, misalnya saja menghemat biaya operasional.

memangkas-biaya-operasional-perusahaan
Salah satu pilihan yang cukup berat bagi perusahaan dalam memangkas biaya operasionalnya adalah dengan mengurangi jumlah pekerjanya itu sendiri

Penghematan tidak berarti usaha Anda sedang dalam keadaan pailit, tetapi hal ini dilakukan untuk menjaga neraca agar seimbang. Tetapi sayangnya tak banyak usahawan yang tahu strategi tepat untuk melakukan penghematan. Terlalu banyak berhemat justru akan membuat kepercayaan pelanggan dan tentunya karyawan hilang. Akhirnya usaha Anda kehilangan karyawan serta pelanggan setia.

Untuk itu sebelum salah mengambil langkah, mari kita lihat strategi jitu dalam memangkas biaya operasional perusahaan.

Efisiensi Sumber Daya Manusia

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengefisiensi sumber daya manusia. Cobalah untuk duduk dan diskusi bersama devisi HRD Anda dan rencanakan efisiensi sumber daya manusia dengan merubah strategi human capital Anda.

Misalnya saja, jika tidak ingin mengurangi jumlah karyawan anda perlu menambahkan tanggung jaab kepada karyawan Anda. Hal ini memang sedikit tidak mengenakan untuk itu sebelum anda menambahkan tanggung jawab kepada mereka pastikan bahwa karyawan sudah tahu mengenai kondisi dan rencana akan efisiensi sumber daya manusia yang ingin anda laksanakan.

Langkah lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan merekrut pekerja lepas. Walaupun sedikit berisiko karena Anda tak dapat memantau mereka, tapi cara ini adalah langkah paling jitu untuk melakukan efisiensi. Bayangkan saja, satu karyawan Anda perlu untuk membayar pajak, menyediakan peralatan kerja dan kantor, serta penambahan penggunaan biaya listrik. Dengan merekrut pekerja lepas, Anda dapat memotong biaya operasional yang cukup banyak.

Maksimalkan Teknologi

Bersyukurlah Anda jika sedang membangun bisnis di tengah berkembangnya dunia digital karena dewasa ini usaha tidak mengharuskan Anda untuk bertatap muka langsung dengan pelanggan. Untuk memangkas biaya operasional, Anda dapat memaksimalkan teknologi dengan melancarkan strategi ads yang tepat sasaran.

Saat ini Anda tidak perlu lagi menghabiskan waktu dan biaya untuk melakukan penjualan offline karena segala sesuatu bisa Anda lakukan dengan bermodal laptop dan internet kencang. Rekrutlah seseorang yang memiliki kemampuan membangun website dan melakukan iklan digital.

Pasang target biaya yang sudah anda rencanakan dan gunakan segmentasi pasar yang tepat. Dengan ini Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tinggi untuk memproduksi offline marketing tools karena semuanya bisa Anda lakukan secara online.

Selain dari sisi marketing, dari sisi operasional juga dapat menggunakan software untuk efisiensi dan kepraktisan sebuah project. Jika bisnis Anda sering mengerjakan project yang cukup kompleks, bersifat customized, membutuhkan timeline yang panjang, maka penggunaan project management software akan sangat membantu dari segi kemudahan kolaborasi antar setiap pihak yang terlibat dalam proyek tersebut, dan memudahkan mengetahui progress proyek tersebut, yang berujung pada peningkatakn efisiensi.

Pembelian Barang dan Perlengkapan Kualitas Tinggi

Jika ingin membeli produk atau barang dengan kualitas tinggi untuk menunjang operasional usaha seringkali harganya mahal. Sekilas, ini terdengar kontradikitif jika ingin berhemat.

Tetapi coba pikirkan. Barang yang berkualitas biasanya awet dan tahan lama, bisa digunakan bertahun-tahun. Dibandingkan membeli barang murah tapi gampang rusak, secara jangka panjang akan lebih hemat jika menggunakan produk yang awet dan minim maintenance.

Misal, Anda menjalankan bisnis klinik kecantikan dimana beberapa alat dan teknologi yang dipakai sudah usang dan perlu pembaruan. Anda mungkin berpikir untuk mencari supplier yang memberikan harga murah tapi kualitas standard, ketimbang mencari distributor alat kecantikan yang menawarkan alat-alat yang terkenal kehandalannya. Selain beresiko menurunkan kualitas layanan ke pelanggan Anda, biaya perawatan alat jika rusak juga akan menjadi lebih tinggi.

Sesuaikan Anggaran Belanja Dengan Pendapatan

Saat membangun usaha, Anda harus mampu menyesuaikan anggaran belanja dengan pendapatan. Lakukanlah analisis terhadap arus kas bisnis Anda. Coba cari tahu apakah arus kas tersebut sudah sehat?

Jika pendapatan usaha Anda sudah masuk ke arah yang stabil, maka Anda dapat mengambil anggaran yang sekiranya sama untuk setia bulannya. Namun jika pendapatan Anda masih belum stabil dan secara signifikan ada indikasi untuk merugi maka Anda perlu memotong anggaran belanja kantor menjadi setengahnya.

Agar karyawan anda tidak merasa demotivasi, Anda dapat memberikan penjelasan bahwa anggaran belanja yang dipotong ini hanya sementara. Jika mereka mampu meningkatkan pendapatan bisnis, maka anggaran belanja akan dikembalikan seperti semula.

Tidak rumit bukan? Sebaiknya segera Anda terapkan tips di atas demi bisa menghemat biaya operasional perusahaan secara maksimal.

Share this post on social media:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *