Melakukan Facial Saat Jerawatan, Apa Saja Yang Perlu Diperhatikan?

Facial adalah salah satu cara paling instan yang bisa kamu lakukan untuk membuat kesan wajah yang terlihat bersih dan kinclong. Namun, apakah kamu tahu, hingga saat ini melakukan facial masih menjadi pro dan kontra?

facial-saat-jerawatan
Pernahkah kamu facial wajah saat jerawatan?

Ada yang bilang facial wajah berjerawat itu sah-sah saja dilakukan, tapi banyak juga yang justru melarang perawatan yang satu ini. Nah, agar enggak galau lagi kami akan menjawab semua pertanyaanmu mengenai facial dari kacamata medis nih. Yuk, simak ya!

Facial Wajah Berjerawat, Sebenarnya Boleh Apa Tidak?

Wanita mana sih yang tidak ingin wajahnya mulus dan glowing? Semua wanita pasti ingin wajahnya cantik merona seperti bintang iklan di TV. Namun, tentunya hal tersebut tak mudah dilakukan, Ladies! Karena tak semua wajah dikaruniai kulit mulus. Apalagi jika kulitmu adalah kulit berminyak yang rentan dengan jerawat-jerawat menyebalkan. Tapi apakah dengan facial wajahmu akan mulus?

Baca juga: Perawatan Kulit Dengan Facial Oxygen Ala Kate Middleton

Prosedur facial wajah berjerawat atau disebut acne prone skin sesungguhnya memiliki banyak manfaat. Proses ekstraksi atau mengeluarkan komedo memiliki manfaat menurunkan risiko tumbuhnya jerawat baru dari komedo yang ada di wajahmu. Tak hanya itu, pemberian masker pada akhir perawatan, seperti masker tea tree atau lemon, juga dapat membantu mengurangi bakteri P. Acnes yang menjadi cikal bakal munculnya jerawat.

Tapi ternyata kebenaran mengenai facial bisa menyembuhkan jerawat dan membuat kulitmu mulus hingga saat ini masih menjadi perdebatan. Sedangkan dilansir dari Yoderm, Facial efektif untuk menghilangkan komedo (komedo dan komedo), tetapi tidak cocok untuk kamu yang memiliki jerawat sedang meradang.

Ekstraksi pada jerawat memang membantu mengurangi komedo, tetapi bahan ini juga sering membuat iritasi pada jerawat menyebabkannya jadi terlihat bopeng. Juga, mengekstrak jerawat radang, bisa berakibat fatal dan bila dilakukan dengan tidak tepat.

Oleh sebab itu, facial memang diperbolehkan saat kamu sedang jerawatan, tapi tergantung pada jenis dan seberapa banyak jerawat di wajahmu. Jika jerawat di wajah hanya satu-dua saja maka kamu masih boleh melakukan facial wajah berjerawat. Dengan catatan, jangan melakukan ekstraksi pada jerawat yang sedang meradang.

Namun, jika jerawat yang kamu miliki jenis papulopustulosa dan menyerang dalam jumlah banyak dan hampir semuanya meradang, disarankan untuk tidak melakukannya untuk sementara, ya.

Ciri-ciri jerawat meradang yaitu kulit wajah yang memerah dan jerawat yang juga berwarna kemerahan, bahkan mengandung nanah. Jika hal ini yang sedang kamu alami, maka jangan lakukan facial hingga jerawat yang meradang sudah mulai membaik.

Seberapa Sering Facial Boleh Dilakukan untuk Kulit Berjerawat?

Tak ada batasan yang pasti mengenai seberapa sering facial wajah boleh dilakukan. Namun, perawatan ini sebaiknya tidak dilakukan lebih dari satu kali dalam sebulan. Ini dikarenakan jika kamu terlalu sering facial, tindakan ini justru membuat pori-pori wajahmu semakin membesar.

Secara alami, kulit membutuhkan waktu untuk beregenerasi selama 14 sampai 28 hari. Sehingga, jika kamu ingin membantu mengangkat sel kulit mati dengan facial sebaiknya dilakukan setiap 4 minggu sekali.

Sebelum melakukan facial, kamu juga perlu memastikan kulit wajah dalam kondisi bebas dari infeksi kulit yang sedang aktif. Pastikan juga klinik kecantikan pilihanmu terpercaya dan tentunya bersih. Facial yang dilakukan oleh sembarang orang dengan peralatan yang tidak steril justru akan menimbulkan masalah baru pada kulit wajah.

Jangan lupa, perhatikan juga produk skincare yang kamu gunakan sehari-hari, apakah cocok untuk kulit berjerawat. Beberapa merek facial di pasaran ada yang memang mengandung bahan alami untuk kulit berjerawat, misalnya micellar water dari Marcks’ Cosmetic, brand yang sudah dipercaya oleh masyarakat Indonesia sejak lama.

Pada dasarnya sah-sah saja melakukan facial, tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kulitmu senantiasa sehat. Kira-kira facial apa sih yang menjadi favoritmu selama ini?

Share this post on social media:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *