Tips Merawat Mobil Sendiri dengan Mudah dan Aman

Anda yang memiliki mobil tidak hanya perlu memahami cara mengendarainya, tetapi juga perlu paham cara untuk merawatnya. Mobil jika tidak dilakukan perawatan terbaik dapat lebih mudah rusak. Berikut ini tips merawat mobil sendiri dengan mudah dan aman.

tips-merawat-mobil
Merawat mobil bisa dilakukan sendiri. Kenali bagian-bagian yang perlu untuk dilakukan perawatan

1. Bahan Bakar yang Sesuai

Tips perawatan yang paling mudah untuk dilakukan adalah memilih bahan bakar yang sesuai. Ada banyak jenis bahan bakar yang tersedia di tempat pengisian bensin. Anda perlu menyesuaikan jenis bensin yang aman digunakan oleh mobil sesuai ketentuan pabrik.

Perhatikan dengan baik jangan sampai bahan bakarnya solar Anda isi bensin. Jika menggunakan bahan bakar bensin Anda bisa memilih yang paling sesuai premium, pertalite, atau pertamax. Saat melakukan pengisian bensin usahakan untuk mengisi sampai full tangkinya.

2. Cek Komponen secara Berkala

Tips merawat mobil berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah mengecek komponen mobil secara berkala. Komponen yang dimaksud adalah timing belt, busi, lampu, signal, aki, oli, dan bagian lainnya yang perlu dicek. Jika ada yang sudah tidak maksimal lagi kinerjanya sebaiknya segera diganti agar tidak menimbulkan kerusakan pada bagian komponen lain mobil.

Pengecekan ini juga perlu dilakukan agar Anda aman untuk melakukan perjalanan. Terutama jika perjalanan jauh seperti sekarang ini saatnya liburan dengan mudik lebaran. Penting sekali buat Anda mengecek dengan bertahap dan memastikan kondisinya membaik secara akurat.

3. Panaskan dan Cek Mesin Mobil

Merawat mobil sendiri yang mudah dilakukan dengan aman adalah perawatan pada mesin mobil. Anda perlu memanaskan mesin mobil di pagi hari sebelum memulai perjalanan. Mesin yang dipanaskan ini tujuannya agar tidak cepat down. Sambil memanaskan mobil Anda bisa mengecek kondisi mesin dengan perlahan.

Bersihkan kerak-kerak atau kotoran yang menempel pada mesin mobil dengan menggunakan lap yang aman. Jika terdapat kerak atau kotoran yang sangat banyak di mesin Anda bisa menjatuhkan kotoran itu dengan menginjak pedal gas mobil yang kuat. Kerak mobil itu akan jatuh dan keluar melalui knalpot. Anda cukup melakukannya selama 15 sampai 30 menit saja.

4. Roda Mobil

Dalam merawat mobil penting buat Anda untuk memeriksa bagian rodanya. Roda ini salah satu bagian yang menjamin kesalamatan dalam mengendarai mobil. Periksa kondisi keempat angin ban jangan sampai ada yang kekurangan angin karena berisiko saat mengendarainya.

Selain itu pastikan kondisi ban mobil masih dalam kategori aman yaitu geriginya masih ada dan tidak botak atau licin. Pastikan ban mobil ini baunya tidak ada yang terlepas dan sudah terpasang dengan kuat. Anda juga perlu menyediakan berbagai perlengkapan untuk bisa mengganti ban mobil jika diperlukan. Jangan lupa untuk menyediakan ban serap jika Anda terjadi kerusakan.

5. Bersihkan Interior dan Eksterior Mobil

Tips selanjutnya adalah membersihkan bagian interior dan eksterior mobil Anda. Mulailah dari bagian interior yang akan memberikan kenyamanan selama berada di dalam mobil. Lihatlah bagian tempat duduk dan buang semua sampah yang ada. Setelah itu bersihkan pijakan kaki di tempat duduk jangan sampai tertinggal kotoran.

Lihat kursi mobil Anda apa kah ada yang terkena makanan dan pun minuman yang tumpah. Jika Ada gunakan kain lap yang lembut untuk membersihkannya. Kebersihan bagian dalam mobil akan mempengaruhi efektivitas kerja AC pada mobil.

Selain itu bersihkan bagian eksterior mobil agar tidak mudah karatan. Bagian bodinya perlu dibersihkan dan dilap secara agar selalu terlihat baru. Bagian eksterior ini juga masuk di dalamnya kebersihan ban dan kolong mobil.

Tips merawat mobil ini dengan mudah bisa Anda pahami dan terapkan. Ketahanan mobil atau awet tidaknya mesin mobil juga dipengaruhi oleh cara merawatnya. Jika Anda membutuhkan informasi lain tentang mobil bisa langsung ke mobil88.astra.co.id.

Share this post on social media:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *