Tips Edit Photo Jadi Lebih Menarik Sebelum Diunggah

Memiliki kegemaran dalam fotografi tentu yang diinginkan adalah gambar yang bagus dan keren. Namun, terkadang terdapat beberapa gambar yang harus diperlukan untuk mengeditnya agar tercipta foto yang keren tersebut. Hal ini dilakukan sebelum Anda menggunggah foto tersebut di media sosial. Berikut tips edit photo agar lebih menarik.

edit photo
Tampilan bokeh menjadi tren saat ini. Anda bisa mengeditnya dengan smartphone bawaan maupun dengan menggunakan aplikasi edit photo.

1. Mengatur Pencahayaan, Kontras dan Keseimbangan Warna

Bila foto hasil dari jepretan kamera Anda sedikit gelap, maka Anda dapat mengeditnya dengan memanfaatkan fitur brightness tool. Anda harus menyesuaikan dengan kondisi pencahayaan foto yang nantinya akan diedit. Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan terlalu terang maupun terlalu gelap.

Setelah langkah tersebut selesai, kemudian Anda dapat menggunakan saturation tools. Hal ini dengan tujuan untuk mengatur rona warna yang pucat atau mengarahkan warna dari hitam menjadi putih sehingga hasil dari foto yang telah diedit menjadi lebih cerah.

2. Meluruskan Horizon dengan Menggunakan Levelling

Anda pastinya akan terganggu jika foto yang dihasilkan dalam keadaan yang miring. Hal tersebut dapat saja terjadi dikarenakan asyik terlalu memotret atau Anda mempunyai kelainan mata silinder. Maka dari itu, untuk memperbaiki masalah yang demikian harus disesuaikan posisi horizonnya dengan menggunakan fitur levelling yang terdapat pada gawai Anda.

Cara untuk mengatasi permasalahan tersebut terbagi menjadi dua jenis, yakni dengan menggunakan teknik straighten atau level. Sejauh ini sudah banyak dari aplikasi khusus untuk mengedit foto dengan menampilkan garis horizon yang kedaannya cukup jelas. Hal tersebut akan memudahkan Anda untuk meluruskan foto miring hasil jepretan.

3. Menerapkan Prinsip Rule of Thirds agar Tercipta Foto Menarik

Jika Anda telah menemukan foto yang layak untuk diedit maka selanjutnya adalah dengan mengatur komposisi dari foto tersebut. Pengaturan dari komposisi ini merupakan sebuah pondasi dari keindahan. Hal tersebut dikarenakan keseimbangan dari elemen yang terdapat dalam foto tersebut yang akan membuat potret nampak lebih enak untuk dilihat.

Mengatur komposisi foto ini dapat dilakukan dengan cara memotong gambar atau yang biasa dikenal dengan istilah crop agar bagian yang menarik dari foto terletak pada salah satu dari 4 titik pertemuan tersebut. Ini dengan tujuan untuk foto Anda tersebut lebih seimbang dan enak dipandang secara komposisi.

4. Menyeimbangkan Shadow dan Highlight

Bila dengan menggunakan fitur explosure akan dapat edit photo untuk mencerahkan foto secara keseluruhan, maka Anda juga dapat mengatur pencahayaan hanya pada bagian tertentu saja. Sebagai contoh, bila Anda akan menerangkan area yang gelap maupun akan menggelapkan area yang dirasa terang, maka dapat menggunakan fitur teknik ini.

Teknik yang dapat dipilih antara lain shadow dan highlight yang biasanya dapat dilakukan melalui gawai Anda. Pengaturan tersebut dilakukan dengan mengedit bagian shadow dari foto yang akan diangkat area berbayang atau gelapnya. Namun sebaliknya, di saat ingin mengurangi pencahayaan pada area tertentu dapat mengaturnya pada tingkat highlight.

Hal yang perlu diingat oleh Anda adalah bila foto yang akan diedit mempunyai format JPEG, maka dalam efek shadow dan highlight tersebut, hasil yang akan dihasilkan akan kurang nyata. Maka dari itu, Anda dapat menggunakan foto yang mempunyai format RAW agar hasil dari edit dapat terlihat lebih nyata.

Demikian tips edit photo yang dapat dilakukan oleh Anda agar hasil foto yang dimiliki dapat menarik sebelum diuggah melalui media sosial milik pribadi. Bila telah merapkan tips di atas maka hasil foto editan Anda akan terlihat memberikan kesan yang sederhana tanpa adanya banyak polesan. Semoga bermanfaat.

Share this post on social media:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *