Keuntungan Menggunakan Software Penggajian bagi Perusahaan

Ketika tanggal gajian karyawan akan mendekati maka sering sekali bagian keuangan atau pihak HRD akan kebingungan. Kebijakan perusahaan dengan berbagai pemotongan yang berlaku kerap membuat pembayaran gaji menjadi lama. Software penggajian sangat bermanfaat untuk digunakan dalam proses pembayaran gaji karyawan. Ini keuntungan yang akan didapatkan.

software penggajian
Kenali keuntungan menggunakan software penggajian bagi perusahaan yang Anda kelola

Efisiensi Waktu

Pembayaran gaji tepat waktu tentunya merupakan salah satu bentuk apresiasi yang baik kepada kinerja karyawan. Keuntungan menggunakan software yang akan didapatkan pihak perusahaan adalah efisiensi waktu dalam penghitungan gaji.

Anda juga tidak perlu bingung dan lembur hanya untuk melakukan penghitungan gaji dan tidak perlu dilakukan jauh-jauh hari. Proses penghitungan juga diproses dengan cepat karena ada fitur khusus yang akan meng-update sesuai dengan kebijakan terbaru. Misalnya saja kebijakan pajak dan gaji pokok daerah yang mengalami perubahan secara berkala.

Efisiensi Biaya

Biaya yang keluar pada sebuah perusahaan penting untuk diminimalisir agar tidak terjadi pembengkakan pengeluaran atau bahkan kebangkrutan. Salah satu manfaat dari menggunakan software akuntansi untuk penggajian adalah efisiensi biaya.

Ini bisa didapatkan karena perusahaan tidak perlu menyediakan tenaga HRD yang terlalu banyak atau tidak perlu lebih dari dua. Ini tentu saja merupakan langkah yang sangat efisien untuk dilakukan. Penghitungan gaji bahkan dapat dilakukan dengan satu karyawan saja.

Risiko Kesalahan yang Minim

Software akuntansi yang digunakan untuk penghitungan gaji dilakukan dengan data dasar berupa data karyawan perusahan secara lengkap. Ada data gaji pokok, pemotongan dari berbagai item, dan juga tunjangan. Semua item diatur sesuai dengan kebijakan perusahan.

Software yang digunakan akan menghitung secara akurat sesuai dengan rumus penghitungan gaji yang telah diatur. Risiko kesalahan hitung dengan menggunakan software akan sangat kecil atau tidak ada sama sekali. Proses kerjanya yang bisa berlangsung dengan cepat ini sangat menguntungkan sekali dengan risiko yang sangat minim atau tidak ada.

Anda bisa melakukan crosscheck data dengan lebih mudah untuk memastikan kembali penghitungan yang dilakukan sudah benar. Jika pun terjadi kesalahan proses koreksinya bisa dilakukan dengan lebih mudah karena bisa menggunakan fitur search data karyawan yang ada.

Transparan

Keberadaan software untuk pembayaran gaji yang digunakan oleh sebuah perusahaan memberikan keuntungan dengan sistem yang transparan. Manipulasi tidak dapat dilakukan dengan leluasa karena terlihat dengan jelas.

Pihak tertentu bisa melakukan akses dengan mudah sesuai dengan wewenang atau hak akses yang telah disepakati. Jika terjadi sebuah manipulasi atau sebuah kesalahan sudah jelas siapa saja oknum yang dapat ditindaklanjuti karena prosesnya yang transparan.

Para karyawan yang bersangkutan bisa mengakses rincian gajinya sendiri sesuai dengan kode akses yang diberikan. Ini dapat membuat karyawan melakukan koreksi tersendiri terhadap kinerjanya dan mengetahui potongan apa saja yang berlaku.

Aman dan Terjaga

Kebocoran data perusahaan bisa saja terjadi dan berisiko buruk bagi reputasi atau merugikan pihak tertentu. Perusahaan yang menggunakan software ini akan lebih aman dan terjaga datanya karena tidak bisa diakses oleh sembarangan pihak.

Anda tidak perlu khawatir untuk penyimpanan data karena terjaga dengan baik. Ada kode akses yang tidak bisa digunakan oleh sembarangan pihak. Kebenaran data pun akan terjaga jika menggunakan software dengan biayanya yang tidak terlalu mahal. Anda bisa pula memilih jenis software yang sesuai dengan kebutuhan dan bujet perusahaan.

Kontrol Karyawan Lebih Mudah

Adanya software ini akan membuat Anda selaku atasan menjadi lebih mudah untuk melakukan kontrol terhadap karyawan. Data gaji ini sekaligus memperlihatkan kedisiplinan dan kinerja karyawan. Hal ini karena data gaji melampirkan pemotongan dari kedisiplinan kedatangan yang tepat waktu atau tidak.

Selain itu juga dapat melihat hasil kerja karyawan mencapai target atau tidak. Ini khusus untuk perusahaan yang memiliki target tertentu untuk karyawan dan mempengaruhi gajinya. Proses kontrol ini bisa dilakukan langsung tanpa membutuhkan waktu yang lama.

Ada banyak sekali jasa yang menawarkan software penggajian karyawan. Anda harus memilih dengan cermat agar mendapatkan jasa yang terjamin kualitas keamanannya. Lihat track record yang sudah dijalani oleh penyedia jasa dalam menyediakan software selain itu lihat juga sertifikasi dari penyedia jasa tersebut.

Share this post on social media:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *