Cara Membuat Minyak Goreng Kelapa dengan Mudah di Rumah

Minyak goreng kelapa sudah dikenal luas oleh masyarakat sejak dulu untuk memasak karena memiliki beberapa kelebihan dibandingkan minyak goreng lainnya. Minat masyarakat terhadap minyak goreng yang tinggi membuat beberapa produsen menghasilkan produk terbaiknya. Padahal, kita bisa membuatnya sendiri di rumah.

minyak goreng kelapa
Minyak goreng kelapa dikenal luas oleh masyarakat sejak dulu karena memiliki beberapa kelebihan dibandingkan minyak goreng lainnya dalam memasak

Amankah Minyak Kelapa Murni?

Sebagian besar orang menganggap jika minyak kelapa murni berbahaya bagi kesehatan karena kandungan kolesterol yang sangat tinggi. Minyak kelapa mengandung 97% lemak jenuh yang merupakan lemak berantai sedang. Lemak tersebut tidak akan tertimbun dalam tubuh sehingga aman untuk dikonsumsi, bahkan akan memberikan manfaat cukup banyak.

Minyak kelapa memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, seperti meredakan stres, membantu penyerapan kalsium, menurunkan berat badan, membantu mengatur kadar gula darah dan lain sebagainya. Bukan hanya kesehatan, tapi minyak kelapa juga berkhasiat untuk kecantikan, seperti mengatasi keriput, melembabkan kulit dan merawat rambut.

Mengetahui hal tersebut, maka sudah dipastikan jika minyak goreng kelapa memiiki manfaat yang baik untuk kesehatan dibandingkan jenis minyak yang lain. Sebenarnya, kita tidak perlu membeli minyak goreng ini karena kita bisa membuatnya sendiri. Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan, mulai dari pemanasan, fermentasi hingga penyulingan.

Cara Membuat CCO (Crude Coconut Oil)

Untuk mendapatkan minyak goreng dari kelapa, maka kita harus mengawalinya dengan pembuatan minyak kelapa mentah atau CCO (Crude Coconut Oil). Kualitas minyak goreng yang dihasilkan akan dipengaruhi oleh kualitas CCO pada tahap ini sehingga kita harus memperhatikan benar, apakah caranya sudah benar atau belum. Caranya sebagai berikut:

  1. Siapkan satu buah kelapa yang tua;
  2. Kupas serabut kelapa hingga bersih lalu cungkil dan kupas balok kelapa menggunakan bantuan mesin pencungkil kelapa agar lebih mudah;
  3. Haluskan daging kelapa menggunakan parut, bisa parut manual ataupun mesin agar proses pemarutan lebih cepat dan parutan yang dihasilkan pun lebih baik;
  4. Tuangkan sedikit air pada hasil parutan kelapa yang disimpan dalam wadah, lalu peras hingga santan keluar;
  5. Tunggu sebentar santan yang sudah terkumpul hingga santan dan air terpisah;
  6. Diamkan sebentar sekitar 5 sampai 6 jam hinngga terlihat lapisan minyak di bagian atas;
  7. Pisahkan minyak atau ampas kelapa; dan
  8. Hasil minyak inilah yang dinamakan sebagai CCO (Crude Coconut Oil).

Cara Membuat Minyak Goreng Kelapa

Setelah tahap sebelumnya selesai dilakukan, Anda bia berlanjut pada tahap ini dimana kita akan tahu bagaimana cara membuat minyak goreng dari kelapa, yaitu:

  1. Siapkan mesin mixer yang sudah dibersihkan;
  2. Masukkan CCO (Crude Coconut Oil) dalam mesin mixer yang sudah disetting sebelumnya;
  3. Panaskan mixer hingga 50 dan kemudian tuangkan larutan KOH sebagai tambahan. Setelah itu, panaskan kembali sampai 1 jam;
  4. Pisahkan gliserol yang merupakan hasil dari pembentukan minyak;
  5. Jika sudah, saring minyak menggunakan penyaringan sederhana agar lebih jernih;
  6. Minyak goreng kelapa pun sudah jadi dan bisa digunakan di rumah.

Meskipun sudah banyak produk minyak goreng dari kelapa yang beredar di pasaran, tapi kita harus tahu bagaimana cara membuatnya agar nantinya kita tidak perlu lagi membelinya. Dengan membuat sendiri minyak goreng dari kelapa, maka kita bisa mengawasi kandungan yang digunakan sehingga minyak goreng akan lebih berkualitas.

Tidak sulit menemukan bahan-bahan pembuatan minyak goreng dari kelapa, bahkan cara pembuatannya pun sangat mudah sehingga kita bisa mendapatkan minyak goreng kelapa yang aman dan berkualitas buatan sendiri dari rumah. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *