Tak Boleh Dilupakan! Inilah 7 Keperluan Bayi Baru Lahir

Sebagai seorang ibu hamil, tentu saja kita memikirkan apa saja keperluan bayi baru lahir agar bisa segera mempersiapkannya. Beberapa ibu baru biasanya akan membeli berbagai keperluan untuk sang buah hati, tapi ada juga beberapa ibu yang memilih barang-barang anaknya terdahulu untuk bisa digunakan anaknya yang akan lahir.

Keperluan bayi baru lahir
Seorang ibu wajib mengetahui apa saja keperluan bayi baru lahir yang dibutuhkan

Uforia Ibu Hamil dalam Mempersiapkan Keperluan Bayi

Pergi ke toko perlengkapan bayi menjadi agenda bagi para ibu hamil bersama sang suami. Banyaknya produk lucu yang bisa ditemui seringkali membuat para ibu kalap dan ingin membeli semua keperluan tersebut. Apalagi jika mereka sudah tahu apa jenis kelamin anak yang dikandungnya.

Selain perlengkapan bayi, kita juga harus memikirkan pengeluaran untuk biaya persalinan sehingga kita tidak bisa membeli semua keperluan bayi baru lahir.

Kita harus tahu keperluan apa saja yang dibutuhkan dan paling penting untuk dipersiapkan. Hal ini akan membantu Anda dalam mengontrol pengeluaran saat membeli berbagai perlengkapan agar tidak boros.

7 Keperluan Bayi Baru Lahir yang Wajib Ada

Memiliki bayi adalah kebahagian tak terkira bagi orang tua. Tidak heran jika mereka akan mempersiapkan sebaik mungkin, apa saja perlengkapan yang dibutuhkan pada bayi baru lahir?

1. Pakaian bayi

Sudah seharusnya kita mempersiapkan pakaian untuk bayi, mulai dari baju, celana, kaos kaki, sarung tangan dan topi. Bahan pembuatan pakaian bayi harus halus dan aman untuk kesehatannya karena daya tahan bayi yang masih rentan.

2. Peralatan mandi

Pada awalnya, mungkin kita hanya membutuhkan waslap atau tisu bayi ketika usianya masih sangat muda. Tapi, kita juga akan membutuhkan ember, sabun, shampo, handuk dan peralatan mandi lain yang bisa disesuaikan dengan usianya.

3. Botol susu

Bagi calon ibu yang ingin menyusui anak sendiri, tetap saja memiliki botol susu akan meringankan waktu kita untuk begadang. Kita bisa memberikan ASI yang diletakkan di botol dan kemudian memberikannya.

4. Alat sterilisasi botol

Pada pembelian awal, sebaiknya kita tidak langsung menggunakannya, melainkan harus membersihkan botol dengan sterilisasi botol agar susu tidak terkontaminasi dengan bahan berbahaya.

5. Kain bedong

Kain bedong bisa berguna sebagai selimut bagi bayi agar mereka tetap hangat dan merasa nyaman. Kita harus memastikan bahwa keperluan bayi baru lahir ini sudah tersedia agar nantinya tidak bingung saat ingin membedongnya.

6. Minyak telon

Cuaca yang dingin sedikit saja bisa dirasakan oleh anak-anak atau bayi sehingga kita bisa menggunakan minyak telon pada bayi. Setiap mereka memiliki karakertistik yang berbeda sehingga Anda harsu tahu.

7. Kain kasa

Bagi bayi yang baru lahir, memiliki kain kasa atau plester sangatlah penting untuk menutup luka pada pusar. Seperti yang diketahui, pusar yang dipotong membuatnya harus memperhatikan kondisi kesehatan buah hati.

Tips Memilih Keperluan Bayi Baru Lahir

Tidak sembarangan bahan bisa dipilih sebagai perlengkapan bayi. Sistem imun yang belum optimal membuat bayi lebih mudah terserang berbagai macam penyakit melalui kuman atau bakteri yang menempel. Kita harus memastikan bahwa setiap perlengkapan bayi baru lahir harus terjamin keamanan dan kebersihannya.

Bukan saja bahan atau material yang digunakan, tapi Anda juga harus melihat bagaimana ukurannya, apakah melar atau tidak, dan juga warna karena hal ini bisa berpengaruh terhadap suasana hati bayi.

Jika kita ingin menjaga kesehatan sang buah hati, maka kita harus tahu bagaimana cara memilih keperluan bayi baru lahir dengan tepat agar keamanan bayi tetap terjamin.

Share this post on social media:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *