Mengenal Lebih Jauh Tentang Perkembangan Smartphone Samsung

Bersamaan dengan semakin berkembangnya Sistem Operasi Android di dunia ini, Samsung benar-benar telah memimpin pasar ponsel di era ini. Pabrik elektronik yang berasal dari Korea Selatan ini lebih banyak menjual ponsel daripada perusahaan lain di tahun 2012, serta menyumbangkan 22 persen dari total penjualan ke pasar ponsel.

Samsung Galaxy J7

Anak perusahaan Google (Android) menyatakan bahwa sekitar 70 persen pasar smartphone yang ada di dunia pada tahun 2012 dan riset IDC membuktikan bahwa Samsung bertanggung jawab 42 persen dari semua pengiriman smartphone Android sejauh ini. Samsung merupakan pencipta ponsel Android terpopuler hingga saat ini.

Keberhasilan tersebut seutuhnya dibangun oleh merk Galaxy Samsung yang telah mengantongi lebih dari 50 perangkat Android yang berbeda model. Apabila anda menghitung semua varian tablet dan juga tablet smartphone Samsung yang telah dirilis sejauh ini, Samsung telah membombardir setiap garis tengah, titik harga, faktor bentuk, operator, dan juga setiap negara yang mungkin dapat dijangkau olehnya.

Berbeda dengan pesaingnya yaitu Apple, Samsung masih menjual macam-macam smartphone dengan berbagai bentuk, ukuran, dan Sistem Operasi. Bersama dengan Android, Samsung juga pernah menggandeng Sistem Operasi Windows Phone 8 dengan model perangkatnya seperti Samsung Ativ Odyssey untuk Verizon Wireless, dan Samsung juga pernah mengembangkan OS smartphone miliknya sendiri yakni Tizen.

Jika kita flashback sejarah smartphone Samsung, kita bisa melihat bibit keberhasilan Galaxy sejak tahun 2008, saat perusahaan tersebut mulai membuat ulasan tentang smartphone full-touch pada model perangkat Instinct dan Omnia.

Samsung SPH-I300 (October 2001)

Phone Scoop.com

Siapa saja yang berpikir bahwa smartphone yang diawali oleh Apple akan merasa terkejut jika melihat Samsung membuat smartphone yang menggunakan Sistem Operasi Palm untuk Sprint lima perangkat ponsel dengan layar sentuh saat ini.

Samsung SGH-i607 BlackJack (November 2006)

PhoneDog.com

Saat trend ponsel CrackBerry melanda, Samsung membuat hit ponselnya yang memiliki gaya BlackBerry yang menggunakan Sistem Operasi Windows dengan nama BlackJack. Walaupun desain BlackJack terinspirasi BlackBerry, Samsung bukan satu-satunya kloner RIM di luar sana. Motorola Q membuntuti kesuksesan Samsung BlackJack, mencoba membuat smartphone dengan gaya yang sama dengan Verizon dan bahkan sukses di pasaran.

Samsung Galaxy S (Juni 2010)

Time.com

Pada bulan Juni 2010 muncullah Samsung Galaxy S yang memiliki bentuk dan gaya yang jauh lebih terkenal dan dilengkapi handset. Layarnya terlihat lebih besar, dengan resolusi yang ditawarkan sebesar 480 x 800 di layar 4 inci Super AMOLED ini.

Galaxy S awalnya lahir dengan Android 2.1 Eclair lalu di update dengan Android 2.3 Gingerbread. Dengan RAM 512MB, lalu tersedia pilihan penyimpanan 8GB dan 16GB, dengan chipset Cortex-A8 1GHz, GPU PowerVR SGX540 untuk grafisnya, serta perangkat tersebut memiliki bobot 119g.

Samsung Galaxy S2 (April 2011)

Samsung

Perangkat ponsel yang memakai layar Super AMOLED Plus yang disisipkan pada layar 4,3 inci, CPU Exynos 4210 dengan chipset dual-core dengan kecepatan 1.2GHz, RAM 1GB dan GPU Mali-400MP4 yang superior.

Samsung mulai memperkenalkan produknya ke umum di bulan April 2011 dengan Android 2.3.4 Gingerbread, Galaxy S2 akan mengupdate Sistem Operasinya dengan versi 4,1 Jelly Bean, Sebuah permulaan yang hebat dan berumur panjangnya.

Ruang penyimpanan S2 ini tersedia 2 model yakni 16GB dan 32GB, dan perangkat mendapat pujian, dengan desainnya yang tipis, ringan (116g), responsif dan kemampuannya merekam video dengan kualitas 1080p, dibekali dengan kamera 8MP serta baterai yang berkapasitas 1.650mAh.

Di tahun 2018 ini Samsung menciptakan ponsel terbarunya yaitu Samsung J7 dan Samsung S9, tentunya ponsel seri terbaru Samsung memiliki teknologi yang tak kalah canggih dibandingkan produk smartphone lainnya.

Share this post on social media:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *