Suka Ngopi? Berikut 5 Kedai Kopi Terbaik di Aceh

Bagi masyarakat di Provinsi Aceh, meminum kopi bukan sekedar aktivitas pembuka hari agar lebih bersemangat, tetapi sudah menjadi tradisi secara turun temurun sejak puluhan tahun lalu. Kedai-kedai kopi di Aceh selalu ramai dikunjungi, tak mengenal batasan waktu, entah itu pagi, siang, ataupun malam hari. Pengunjung datang dan pergi dari berbagai lapisan masyarakat.

kedai kopi terbaik aceh
Kopi salah satu minuman favorit dan menjadi gaya hidup masyarakat saat ini.

Minum kopi tidak terbatas pada usia dan gender, kaya atau miskin, semuanya bisa menikmati lezatnya kopi. Banyak orang melakukan kegiatan sambil meminum kopi, dari mulai obrloan santai, transaksi atau membicarakan pekerjaan di kedai-kedai kopi. Kedai kopi menjadi tempat pertemuan favorit dengan segala kepentingan.

Kopi Arabika dan Robusta

Perkembangan kopi yang begitu pesat di Aceh tentu saja dipengaruhi fakta bahwa Aceh adalah salah satu daerah penghasil kopi terbaik. Ada dua wilayah penghasil kopi di Aceh yaitu, kawasan Ulee Kareng yang menghasilkan kopi robusta dan juga wilayah Gayo yang banyak menghasilkan kopi jenis Arabika. Info pentingnya, kopi Arabika yang berasal dari Gayo termasuk jenis kopi terbaik di dunia lho.

Tradisi minum kopi memang telah mengakar di masyarakat Aceh. Hal tersebut tentu berimbas pada banyaknya kedai-kedai kopi yang bermunculan di sepanjang jalan dan wilayah utama di Aceh. Usaha ini terus mendapat sambutan positif masyarakat, sehingga semakin berkembang dengan pesat. Umumnya, kedai-kedai kopi di Aceh menggunakan kopi jenis Robusta yang dihasilkan dari Ulee Kureeng.

Pembuatan kopi jenis Robusta terbilang unik dan cukup istimewa. Letak istimewanya ada pada cara pembuatannya, karena prosesnya bukan dengan cara diseduh seperti biasa, namun dimasak dengan temperatur tertentu hingga keluar aroma kopinya yang kuat. Setelah itu, kopi yang dimasak akan disaring beberapa kali dengan saringan khusus berbentuk kerucut. Dengan cara seperti itu, maka cita rasa kopi semakin terasa kuat dan nikmat.

Bagi Anda penikmat kopi, rasanya tidak lengkap jika belum sempat menginjakkan kaki di Aceh untuk langsung menikmati kopi di tanah aslinya. Saat ini perjalanan menuju Aceh sudah cukup mudah, tersedia jadwal penerbangan menuju Aceh dari beberapa kota di Indonesia. Anda dapat mengecek tiket Citilink di Traveloka, sebagai salah satu maskapai yang memiliki rute menuju Aceh.

Saat ini kedai kopi sudah banyak yang menyediakan fasilitas tambahan seperti WiFi, dengan begitu para penikmat kopi bisa semakin betah untuk berlama-lama berada di kedai kopi. Berikut beberapa kedai kopi yang dapat Anda coba jika berkunjung ke Aceh.

1. Solong Kopi

Kedai Solong Kopi sudah ada sejak tahun 1970-an, namanya sudah terkenal di kalangan para pecinta kopi di berbagai daerah, bukan hanya oleh masyarakat Aceh. Kopi yang digunakan di Solong kopi adalah kopi yang berasal dari Pidie dan Lamno.

Kedai Solong Kopi
Kedai Solong Kopi Aceh

Selain menyajikan kopi yang siap diminum, di sini juga menyediakan kopi dalam bentuk kemasan, sehingga bisa Anda bawa pulang untuk oleh-oleh. Harga perkilonya cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp65.000. Tak terlalu sulit untuk menemukan kedai kopi ini karena terletak di Jalan T. Iskandar, Kecamatan Ulee Kareeng.

2. Dhapu Kupi

Lokasi Dhapu Kupi berada tepat di persimpangan Surabaya. Kedai kopi ini lebih modern dengan menyediakan fasilitas WiFi yang dapat digunakan para pelanggannya. Selain itu, kedai kopi yang sudah ada sejak tahun 2008 ini buka selama 24 jam, sehingga Anda dapat berkunjung kapan saja sesuai kesempatan yang Anda miliki.

Kedai Dhapu Kupi
Kedai Dhapu Kupi Aceh

3. Zakir Kupi

Kedai kopi ini memiliki cabang yang dibuka di beberapa tempat, namun yang paling banyak diminati adalah kedai Zakir Kupi yang berada di kawasan Lampriet.

Kedai Zakir Kupi
Kedai Zakir Kupi Aceh

4. Kubra Kupi

Lokasinya yang berada di Kawasan Beurawe membuat kedai ini dikenal dengan sebutan Kupi Beurawe. Kubra Kupi adalah kedai kopi konvensional yang tidak menyediakan fasilitas WiFi, meskipun demikian pengunjung dapat tetap enjoy berada di kedai ini.

Kedai Kubra Kupi
Kedai Kubra Kupi Aceh

Menu kopi yang paling banyak di cari di sini adalah kopi Sanger. Menu kopi ini merupakan campuran gula dan susu yang tak terlalu pekat, namun aroma kopinya cukup kuat, kemudian jika semakin diaduk akan menghasilkan busa makin banyak. Kedai kopi ini buka dari pukul 07.00 pagi hingga pukul 12.00 malam.

5. Rumoh Aceh

Kopi yang disajikan di Kedai kopi Rumoh Aceh berbeda dengan kedai kopi lain karena menggunakan kopi jenis Arabika. Menu kopi andalan lainnya yaitu kopi Luwak Liar. Kedai ini sangat kental dengan nuansa budaya Aceh, mulai dari arsitektur bangunan yang menyerupai rumah adat Aceh, hingga masalah attitude dan tata krama yang diterapkan. Salah satu contohnya ialah tidak diperkenankan tertawa terbahak-bahak atau bicara tidak sopan.

Rumoh Aceh
Rumoh Aceh salah satu kedai yang paling banyak di kunjungi para pecinta kopi

Lokasinya berada di Jalan Rawa Sakti V No. 122 B, Banda Aceh. Buka mulai pukul 09.00 hingga pukul 22.00.

Share this post on social media:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *