Suka Memotret Makanan? Ikuti 5 Tips Ini Supaya Fotomu Terlihat Makin Ciamik

Zaman sekarang kayaknya kita hidup nggak bisa jauh dari smartphone, yak an? Terutama dengan social medianya Apapun yang dilakukan, pasti sebagian besar dari kita akan mengupdatenya di social media. Terutama yang berhubungan sama makanan, nih.

Sekarang, sepertinya sebelum orang-orang menyantap makanan mereka, yang dilakukan terlebih dahulu adalah foto dulu! Nahan laper sebentar bukan masalah, yang penting menu makan kita udah terabadikan dalam kamera dan siap diupload ke social media.

Untuk para pecinta kuliner, memotret makanan itu nggak bisa sembarangan potret. Mereka harus membuat hasil foto makanan mereka terlihat cantik dan menggiurkan saat dilihat oleh orang lain.

Walaupun kita buka seorang food blogger, kita juga bisa kok membuat foto makanan kita terlihat jadi menarik bak seorang food blogger hanya dengan kamera smartphone. Mau tau gimana caranya? Simak di bawah ini:

1. Cari angle yang bagus

Oppo R17 Pro Seize the Night
Mencari angel yang tepat akan menghasilkan foto yang memukau

Pertama yang harus kita perhatikan adalah anglenya. Salah satu kunci penting dari memotret dengan kamera smartphone adalah anglenya.

Biasanya, jika menggunakan kamera DSLR, gambar akan lebih baik jika diambil dari sudut 45 derajat, tetapi jika kita menggunakan kamera smartphone, alangkah lebih baik kita memotret dari atas karena jika mengambil sudut 45 derajat hasilnya akan kurang bagus. Selain memotret dari atas, cobalah untuk memotret makanan tersebut separuh saja.

2. Jangan gunakan flash

Oppo R17 Pro Seize the Night
Penggunaan flash dalam memotret akan berdampak pada kualitas foto yang dihasilkan

Ini adalah hal yang sangat mendasar dalam fotografi dengan smartphone. Hindari penggunaan flash untuk memotret, karena hasilnya nggak akan bagus.

Selain warnanya pudar, nantinya bisa muncul bayangan-bayangan yang merusak keindahan foto tersebut. Jadi sebaiknya jangan gunakan flash sama sekali.

3. Pilih makanan yang warna-warni

Oppo R17 Pro Seize the Night
Jenis makanan yang berwarna-warni akan menghasilkan kualitas foto lebih hidup dan terlihat fresh

Banyak orang lebih suka melihat makanan yang colourful, daripada yang monoton. Manusia biasanya lebih tertarik melihat sesuatu yang penuh warna, apalagi makanan yang berwana-warni.

Selain terlihat cantik, foto tersebut juga bisa membuat lidah orang lain berliur. Jangan lupa, ambilah foto saat makanan tersebut masih fresh, jadi warnanya masih kuat.

4. Jangan gunakan fitur zoom

Oppo R17 Pro Seize the Night
Agar hasil foto terlihat tajam dan tidak buram, hindari menggunakan fitur zoom

Biasanya, kamera smartphone itu cenderung bisa memperkecil foto. Maka dari itu, kita harus mengatur posisi sampai objek bisa memenuhi frame.

Jika foto diambil menggunakan fitur zoom, maka hasilnya resolusi foto akan rendah dan kurang tajam.

5. Perhatikan pencahayaan di sekitar

Oppo R17 Pro Seize the Night
Pencahayaan akan berpengaruh pada noise foto yang dihasilkan

Pencahayaan adalah hal yang sangat berpengaruh dari bagus tidaknya hasil foto yang kita ambil. Bagaimanapun, pencahayaan alami lebih bagus daripada yang buatan.

Jika kita berniat datang ke sebuah restoran, pilihlah tempat yang cahayanya alami dan bagus, misalnya di dekat jendela. Pencahayaan akan jadi hal yang bisa menyelamatkan atau bahkan mematikan hasil foto kita loh, terutama jika mengambil foto di malam hari yang minim cahaya. Kalau kita nggak memperhatikan cahaya yang ada di sekitar, jangan harap bisa dapet hasil foto yang ciamik.

Tapi, kita nggak perlu khawatir soal itu, karena sekarang udah banyak produsen-produsen smartphone yang menciptakan smartphone dengan dukungan fitur kamera yang keren. Salah satunya adalah OPPO R17 Pro.

Oppo R17 Pro “Seize The Night”

Smartphone ini didukung kamera utama berukuran 12 MP dengan dual aperture f/1.5 dan f/2.4, lalu ada juga kamera kedua yang berukuran 20 MP dengan aperture f/2.6.

Oppo R17 Pro Seize the Night
Oppo R17 Pro

Untuk kamera malamnya, OPPO R17 Pro dilengkapi dengan teknologi Smart Aperture yaitu lensa pintar yang bisa menyesuaikan diafragma pada lensa secara otomatis dengan banyaknya cahaya yang masuk.

Jadi, sesuai dengan slogannya OPPO R17 Pro ‘Seize The Night’ kalau kita memotret di malam hari yang minim cahaya menggunakan OPPO R17 Pro, hasil foto dijamin jernih, tajam, dan nggak kabur.

Belum lagi fitur AI Ultra-clear Engine-nya yang bisa mengatur komposisi warna, kontras, dan pencahayaannya pada hasil foto. Bukan masalah lagi kan jika kita memotret makanan di tempat yang minim cahaya, OPPO R17 Pro bisa membantu foto kita jadi lebih cantik.

Sedangkan kamera selfienya, dilegkapi lensa berukuran 25 MP dengan aperture f/2.0 yang didukung dengan AI (Artificial Intelegence). Luar biasa, bukan?

Oppo R17 Pro Seize the Night
Foto diambil menggunakan kamera Oppo R17 Pro

So, buat kalian yang suka foto-foto makanan, silakan diikuti tips-tipsnya. Semoga bisa membantu mempercantik feed instagramnya!

Info lainnya mengenai OPPO R17 Pro? Cek langsung ke website resminya di sini atau pada link ini.

Share this post on social media:
Comments
  1. Amir Reply
    • inulwara Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *