Benarkah Penyakit Cacingan Akibat Kuku yang Kotor?

merawat kebersihan kuku

Merawat kebersihan kuku salah satu cara mencegah penyakit cacingan

Apakah Anda sudah merawat kuku dengan benar? Apakah cacingan akibat kuku yang kotor? Kuku adalah lapisan tanduk yang terdapat pada ujung jari tangan dan kaki.

Perlu Anda ketahui bahwa kuku merupakan jaringan tanduk yang tumbuh dan mengeras berada di ujung jari tangan dan kaki. Kuku kita setiap minggunya kurang lebih tumbuh 1 mm, sehingga dalam satu bulan kuku kita akan semakin panjang.

Kuku tumbuh dari akar kuku menuju ujung jari. Memiliki berwarna transparan tetapi sering terlihat berwarna merah jambu karena adanya pembuluh darah dan kulit tipis di bawahnya. Tanpa kuku jari, daging di jari-jari akan kembali bengkok dan lebih sedikit alat perasa yang bisa dirangsang.

Kuku merupakan salah satu bagian tubuh yang dapat menjadikan jari-jari tangan menjadi indah dan sehat. Untuk mewujudkan hal itu diperlukan perawatan kuku tangan dan kaki secara rutin dan benar.

Cara Merawat Kuku

Agar terlihat rapi, indah, dan bersih, sudah selayaknya kita merawat kuku secara rutin dan benar serta berkesinambungan. Kuku yang kotor dapat menjadi awal terjadinya bermacam penyakit. Berikut ini akan disajikan bagaimana cara merawat kuku yang benar, antara lain sebagai berikut:

  1. Setelah selesai beraktivitas, biasakanlah untuk membersihkan kedua tangan dan kedua kaki dengan air dan sabun;
  2. Potonglah kuku jari tangan maupun kaki secara rutin dengan gunting atau alat khusus pemotong kuku. Misalnya, setiap seminggu sekali. Kuku kaki khususnya, jika tidak dipotong akan berbau dan menjadi sarang penyakit;
  3. Jangan memotong kuku dengan cara digigit, disilet, atau dipotong dengan pisau;
  4. Bagi wanita, warnailah kuku dengan pewarna alami dari daun pacar setiap minggu sekali sehingga selalu terkontrol kebersihannya;
  5. Hindarilah kebiasaan memanjangkan kuku karena kuku yang panjang mudah kemasukan kotoran yang mengandung kuman dan penyakit. Selain itu, kuku yang panjang juga dapat melukai diri sendiri maupun orang lain.

Jika Anda dapat melaksanakan perawatan kuku dengan baik dan benar, jari-jari tangan dan kaki akan terlihat bersih, rapi, indah, dan menarik. Kuku yang bersih dan rapi mencerminkan pola hidup yang sehat.

Cacingan Akibat Kuku yang Kotor

Salah satu penyakit yang ditimbulkan oleh kuku yang kotor adalah penyakit cacingan. Penyakit ini timbul dari kotoran pada kuku yang mengandung bibit penyakit cacing.

Kotoran tersebut masuk ke dalam tubuh melalui makanan. Cacing tersebut akan menetas dan tumbuh di dalam perut. Selanjutnya, cacing tersebut menyerap zat-zat makanan yang dimakan sehingga orang tersebut akan mengalami kekurangan gizi.

Walaupun makan makanan yang banyak, orang yang berpenyakit cacingan badannya kurus. Tanda-tanda orang yang terkena penyakit cacingan adalah perutnya buncit, badannya kurus, dan pertumbuhan badannya terhambat.

Jadi, marilah kita merawat kebersihan kuku baik tangan maupun kaki dengan rutin dan benar agar terhindar dari penyakit, khususnya cacingan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *