Cara Membuat Akun Payoneer dan Prepaid Card dengan Mudah

Dunia e-commerce seakan tak pernah mati dan terus mengalami kemajuan dari waktu ke waktu untuk membantu Anda memberikan kemudahan dalam bertransaksi baik pembayaran tunai maupun non tunai. Jika di dalam negeri Anda dapat memanfaatkan layanan jasa transaksi keuangan seperti T-Cash atau Dompetku+, berbeda ketika Anda ingin bertransaksi secara global yang perlu dukungan jenis mata uang lain selain Rupiah, seperti: Dollar, Euro, Yen, Franc, dan sebagainya.

Untuk mendapatkan layanan tersebut, Anda tidak perlu lagi merasa khawatir karena banyak layanan jasa yang dapat Anda gunakan yang semuanya sudah support untuk semua jenis pembayaran (payment) barang atau jasa berskala global, seperti: Paypal dan Payoneer.

akun payoneer

Membuat akun Payoneer dan Prepaid Card

Namun, pada kesempatan kali ini saya akan fokus pada pembahasan tentang bagaimana caranya membuat akun dari layanan jasa payment Payoneer ini. Sebelum membahas langkah-langkahnya, sedikit saya berikan gambaran tentang layanan jasa pembayaran yang satu ini. Payoneer adalah sebuah layanan jasa pembayaran (payment) multifungsi secara global. Berdiri sejak tahun 2005 yang berkantor di New York, Amerika Serikat.

Semua orang dapat menggunakan layanan ini untuk memberikan kemudahan dalam dunia usaha yang dijalankan, profesi yang digaluti, hingga dunia freelance Anda dengan layanan yang cepat, praktis dan murah biaya. Payoneer dapat digunakan untuk pembayaran atas pembelian atau penjualan sebuah produk barang maupun jasa. Selain itu, Payoneer juga memberikan Anda earning atas komisi Referral ataupun Affiliate yang Anda jalankan. Segala bisnis freelance yang Anda jalankan dapat Anda tarik dananya lewat fitur “withdraw” ke rekening bank yang Anda daftarkan.

Beberapa orang mengatakan bahwa membuat akun Payoneer itu cukup rumit. Ada yang menganggap berbelit-belit karena banyaknya data yang dibutuhkan. Menurut saya, alasan itu muncul karena kurangnya informasi dan data-data yang harus dipersiapkan sehingga saat pengisian form terkendala (mandeg).

Membuat Akun Payoneer

Membuat akun Payoneer tidaklah sesulit seperti yang dibayangkan kebanyakan orang asal data-data yang dibutuhkan telah Anda persiapkan dengan tepat dan benar. Tujuannya tidak lain agar saat pengisian form yang diminta nantinya tidak terjadi kendala.

Bagaimana, Anda tertarik untuk mendapatkan layanan ini? Jika tertarik, silakan ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat akunnya. Pahami langkah demi langkah penjelasannya.

  1. Persiapkan terlebih dahulu identitas diri dan akun rekening bank yang akan Anda gunakan;
  2. Silakan kunjungi laman ini untuk mulai mendaftarkan akun Anda;
  3. Isilah form pendaftaran sesuai petunjuk yang disediakan (terdapat beberapa tahapan yang harus diselesaikan hingga pendaftaran selesai dilakukan). Khusus untuk pengisian “SWIFT/BIC” diisi berdasarkan kode unik nama bank yang Anda daftarkan. Anda dapat mendapatkan kode itu dengan menghubungi pihak Bank terkait atau mencari informasi yang disediakan di internet. Selanjutnya, untuk pengisian “CLEARING CODE BANK”, Anda dapat mengisinya dengan menuliskan 4 (empat) digit angka pertama rekening Anda. Contoh nomor rekening: 7890-3547-XXXX, maka yang Anda tulis adalah 7890. Namun ada beberapa bank yang tidak mengelempokkan nomor rekeningnya per empat nomor, maka cukup Anda tambahkan angka nol (0) di depannya hingga menjadi 4 (empat) digit. Jika pengisian “SWIFT/BIC” dan “CLEARING CODE BANK” berhasil, nanti akan muncul perintah selanjutnya dan silakan selesaikan proses pendaftaran Anda.
  4. Tunggu konfirmasi pihak Payoneer lewat pemberitahuan email yang mereka kirimkan. Pengaktifan akun Anda memerlukan beberapa waktu, mungkin 1-5 hari kerja. Untuk itu silakan cek email Anda secara berkala untuk mendapatkan pemberitahuan tersebut. Masa ini disebut dengan istilah masa “review”. Anda dapat login ke Payoneer setelah akun Anda approved.

Jika akun Anda telah approved, Anda dapat login ke akun Payoneer Anda. Di sana, Anda dapat meminta “Prepaid Card” untuk dikirim kepada Anda. Dengan Prepaid Card ini memungkinkan Anda menarik uang di mesin ATM yang berlogo “MasterCard”. Jadi, Prepaid Card ini identik dengan kartu ATM bank.

Mendapatkan Prepaid Card

Untuk mendapatkan Prepaid Card ini tentunya Anda telah berhasil membuat akun Payoneer sebelumnya. Karena Prepaid Card ini tidak akan bisa Anda dapatkan tanpa membuat akun Payoneer terlebih dahulu. Lalu, bagaimana cara mendapatkan Prepaid Card ini? Silakan, ikuti petunjuk di bawah ini:

  1. Login ke akun Payoneer Anda dengan mengisi username dan password Anda;
  2. Pilih menu “Order Card” dan isi form sesuai perintah yang tersedia (berupa alamat dan identitas diri);
  3. Pada pengisian form untuk tampilan bentuk kartu yang akan digunakan, silakan Anda pilih mana tampilan yang sesuai menurut selera Anda. Ada 3 (tiga) pilihan tampilan bentuk kartu yang disediakan: Driver License (SIM), National ID (KTP), dan Passport. Silakan pilih menurut keinginan Anda. Dan lengkapi data-data yang diperlukan dalam pengisiannya.
  4. Selanjutnya, tunggu konfirmasi approved dari pihak Payoneer untuk me-review permintaan Prepaid Card Anda. Masa ini memerlukan 3-5 hari kerja. Jika masa review telah disetujui, Anda tinggal menunggu pengiriman Prepaid Card Anda sesuai alamat yang sudah Anda tulis pada form isian sebelumnya. Masa pengiriman kartu ini membutuhkan waktu kurang lebih 1 bulan.
membuat akun payoneer

Pengiriman Prepaid Card bagi pemilik akun Payoneer

Demikian beberapa langkah yang harus Anda lakukan dalam membuat akun Payoneer dan Prepaid Card. Jika ada hal yang kurang jelas dapat disampaikan pada kolom komentar di bawah. Mudahan informasi ini bermanfaat buat Anda yang membutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *