Riam Bajandik Sungai Eksotis yang Makin Populer

Riam Bajandik

Pengunjung tak melewatkan momen foto-foto bersama sahabatnya di Riam Bajandik

Riam Bajandik adalah sebuah kawasan pemandian yang terletak di  desa Baru (orang-orang lebih mengenalnya dengan sebutan desa Wake). Terletak di bantaran Sungai Wake tidak jauh dari pemukiman warga. Disebut Bajandik, oleh masyarakat di sana karena tempatnya yang berada di hilir kampung.

Kawasan ini baru saja dibuka untuk umum sebagai tempat pemandian. Merupakan hasil swadaya masyarakat untuk mengenalkan eksotisnya sungai Wake ini. Saat ini, pembenahan sarana dan prasarana terus dilakukan oleh warga setempat.

Riam Bajandik nan Eksotis

Oh ya, Anda yang suka foto-foto juga pasti tak akan melewatkan setiap momen yang ada saat berada di sana. Selain tempat pemandian, nuansa alam yang indah, suasana perkampungan yang nyaman menjadi nilai tambah kawasan ini. Apalagi jika memandang sungainya yang jernih dikelilingi hamparan bebatuan, gemercik air yang mengalir, menambah rasa betah untuk terus berlama-lama di sana.

Riam Bajandik

Berendam dan bersantai sambil mendengarkan gemercik air di Riam Bajandik

Berkunjung sambil mandi plus berendam di sungai dengan pemandangan alam terbuka memang sangat mengasyikkan. Apalagi ditemani sahabat dan keluarga menambah semarak liburan akhir pekannya.

Dan bedanya adalah Riam Bajandik yang terletak di desa Baru tidak hanya ramai dikunjungi setiap akhir pekan. Menjelang sore hari selalu saja banyak pengunjung yang datang. Mungkin karena letaknya yang tidak jauh dari pusat kota Barabai sehingga waktu yang dibutuhkan untuk bisa berada di kawasan ini pun tidak perlu lama.

Mandi dan berendam di sungai ini sudah jelas menjadi tujuan utama selain menikmati nuansa alam yang indah dan asri tentunya. Apalagi jika cuaca yang cukup cerah, badan terasa gerah sudah pasti penginnya berendam berlama-lama.

Perlahan mulai Tersingkap

Sungainya yang langsung bersumber dari mata air pegunungan Meratus dan masih perawan dari proses penambangan tentu menambah nilai tersendiri akan keasrian Riam Bajandik ini di mata pengunjung. Masyarakatnya yang selalu welcome pada setiap pengunjung yang datang juga sarat dengan kesan-kesan positif yang tercipta.

Riam Bajandik

Riam Bajandik ramai dikunjungi setiap sore tak hanya di akhir pekan

Saat ini, Riam Bajandik termasuk kawasan yang cukup populer di wilayah Banua Anam (sebutan untuk 6 kabupaten di Hulu Sungai) Kalimantan Selatan meskipun terbilang baru dibuka sebagai kawasan wisata pemandian. Bahkan, pengunjung dari luar wilayah ini pun banyak yang datang.

Majunya teknologi informasi menjadi salah satu sarana komunikasi yang efektif untuk penyebaran informasi kawasan ini. Tak heran jika pengunjungnya juga banyak yang berdatangan dari luar daerah. Perlahan, eksotisnya sungai ini mulai tersingkap dan mengesankan bagi setiap pengunjung yang datang.

Tak ada yang menyanggah jika mandi di aliran sungai adalah favorit semua orang. Anak kecil, remaja, orang dewasa, bahkan orang tua pun sangat menyukainya. Baik sebatas untuk duduk-duduk sambil merendamkan kaki dengan sesekali membasuh muka, mandi sambil berendam, hingga sebagai wahana tempat belajar berenang. Sambil nyuci motor atau sepeda pun juga bisa Anda lakukan karena jalan yang disediakan sampai ke aliran sungai.

Tak tahu tempatnya? Yuk, gunakan smartphone Anda. Temukan Riam Bajandik dengan memanfaatkan Google Maps yang tersedia. Saya pikir Anda patut mencobanya merasakan sensasi liburan akhir pekan bersama kerabat atau keluarga Anda di sana.

Comments
    • inulwara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *