Gangguan Kulit Wajah yang Sering Terjadi pada Wanita

gangguan kulit wajah wanita

jerawat salah satu gangguan kulit wajah pada wanita

Gangguan kulit wajah paling sering dikeluhkan setiap wanita. Terutama bagi dia yang seorang wanita karir. Ingin selalu terlihat dan tampil cantik di depan koleganya dan orang-orang terdekatnya telah mengharuskannya untuk terus melakukan perawatan kulit wajahnya. Baik pria ataupun wanita memiliki cara yang berbeda-beda untuk merawat kulit wajahnya. Kuilt wajah yang sehat adalah dambaan setiap orang. Biasanya, kulit wajah paling rentan terhadap gangguan luar. Hal ini sering menjadi masalah serius bagi kaum hawa untuk terlihat cantik dan menarik. Sehingga, para wanita terus berupaya merawat kulit wajahnya baik lewat perawatan tradisional maupun dengan menggunakan produk perawatan tertentu.

Gangguan Kulit Wajah pada Wanita

Beberapa masalah yang sering dijumpai pada kulit wajah adalah seperti kulit terasa kering, berminyak, dan keriput. Kulit yang kering terjadi karena kurangnya asupan cairan dalam tubuh maupun seringnya terkena sinar ultraviolet (UV) berlebih yang menyebabkan sel melanosit kewalahan menyerap radiasi dari sinar matahari. Gejalanya dapat dilihat pada adanya bagian kulit wajah yang memerah bahkan sampai terkelupas.

Kulit berminyak timbul karena cairan berlebih seperti mudahnya mengeluarkan keringat setiap kali beraktivitas, apalagi jika berada di lingkungan yang berdebu akan memudahkan timbulnya komedo atau jerawat. Berbeda dengan kulit yang mengalami penuaan atau keriput, kondisi ini lazim ditemui pada saat mereka sudah dewasa dikarenakan sel-sel kulit sudah banyak yang menua dan mati. Namun, kondisi ini tak menutup kemungkinan dialami pada mereka yang masih berusia muda. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara membersihkan wajah dengan benar agar kulit wajah sehat dan normal.

Masalah yang sering timbul pada kulit wajah Anda sering membuat Anda kurang percaya diri sehingga dapat mengganggu aktivitas maupun pekerjaan yang Anda lakukan sehari-hari. Dengan perawatan yang tepat tentunya menjadikan kulit wajah Anda sehat dan membuat Anda tampil lebih menarik dan cantik serta dapat meningkatkan percaya diri Anda.

Beberapa faktor yang menyebabkan sering timbulnya masalah seputar kulit wajah Anda di antaranya:

Faktor hormonal

Keadaan ini biasanya terjadi pada masa pubertas berlangsung. Umumnya pada remaja yang beranjak memasuki masa dewasa. Biasanya ditandai dengan hadirnya menstruasi atau haid, keputihan dan meningkatnya emosional seorang wanita. Pada masa ini sering dijumpai timbulnya masalah jerawat atau komedo.

Jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi

Beberapa jenis makanan dan minuman banyak mengandung zat tertentu yang menjadi pemicu timbulnya masalah kulit di wajah. Oleh karena itu hindarilah mengkonsumsi berlebih beberapa jenis makanan atau minuman berikut ini, seperti: jenis makanan atau minuman yang banyak mengandung susu, lemak, gula, kafein, soda, dan garam.

Terpapar sinar ultraviolet (UV) cahaya matahari

Sering terkena sinar matahari dapat membuat kulit wajah mengelupas. Sebelum mengelupas biasanya kulit wajah tampak memerah, sakit, dan panas ketika disentuh. Biasanya terjadi setelah beberapa jam Anda terpapar sinar matahari. Bagi Anda yang memiliki jenis kulit kering akan sangat mudah terkelupas ketika tersengat sinar ultraviolet ini. Pengelupasan ini mungkin akan membuat permukaan kulit wajah tidak merata dan tampak berpola.

Tempat tinggal dan lingkungan

Tempat tinggal dan lingkungan yang sangat jauh dari pola hidup sehat akan berdampak buruk pada kesehatan kulit wajah Anda. Daerah-daerah berdebu tempat lalu lalang truk, atau kendaraan lain adalah penyebab sering munculnya kotoran di wajah. Jika tidak dibersihkan dengan cepat akan bermasalah bagi kesehatan kulit Anda.

Bertambahnya usia

Tak bisa dipungkiri bahwa setiap manusia akan terus bertambah usianya. Tak terkecuali bagi para wanita yang selalu ingin wajahnya tampil cantik dan kencang harus benar-benar bisa merawatnya dengan tepat agar sel-sel kulit mati akibat penuaan dan karena tergerusnya usia tidak menjadi penghalang untuk tetap tampil percaya diri.

Faktor-faktor penyebab timbulnya masalah kulit wajah di atas tentunya dapat Anda jadikan upaya penanggulangan sehingga terhindar dari permasalahan pada kulit wajah Anda. Jikapun permasalahan itu terjadi tidak ada salahnya mencari solusi tentang cara membersihkan wajah dengan benar baik secara alami maupun dengan menggunakan produk-produk perawatan kulit wajah yang aman dan tepat.  Sehingga kulit wajah Anda terbebas dari penyumbatan pori-pori yang dapat menimbulkan masalah serius kulit wajah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *