Senangnya Mandi Sore di Sungai Wake Riam Bajandik

Sungai Wake Riam Bajandik

Beberapa remaja sedang asyik mandi dan berenang di Sungai Wake

Mandi secara langsung di sungai yang asri dengan air yang mengalir tampak jernih dan bening memang sangat menakjubkan. Apalagi pas cuaca panas begini serasa ingin cepat-cepat menceburkan badan ke segarnya aliran sungai pegunungan yang indah.

Serasa ingin terus berendam sampai lama sambil mengabadikan moment-moment itu tanpa henti. Background dan panorama alam yang sangat memukau menjadi nilai tambah naturalnya tempat itu.

Bersama teman dan keluarga adalah pilihan tepat menghabiskan waktu akhir pekan Anda sambil menikmati sejuknya mandi di aliran sungai pegunungan meratus yang masih terjamin keasriannya hingga sekarang.

Masyarakatnya yang ramah dan sopan semakin menambah nilai-nilai kearifan lokal tempat ini. Supel dan senyum simpul selalu turut dalam setiap percakapan mereka menyambut tamu yang berkunjung.

Luasnya kebun karet menjadi pemandangan di samping kiri dan kanan mata Anda saat memasuki kawasan ini. Jika di pagi hari, Anda akan menjumpai beberapa warga yang sedang memanen getah karet (Manurih). Mayoritas mata pencaharian utama masyarakat di sana adalah bertani karet.

Asrinya Sungai Wake

Sungai wake riam bajandik

Air sungainya yang jernih menggambarkan masih asrinya kawasan ini

Sedikit asing di telinga Anda mendengar Sungai Wake. Ya, bagi Anda yang tinggal di luar wilayah kabupaten Hulu Sungai Tengah memang tidak familiar dengan sungai ini. Riam Bajandik adalah sebutan untuk kawasan pemandian ini.

Mungkin Anda lebih mengenal Sungai Manggasang atau Sungai Pagat karena tempat-tempat itu sudah sangat populer lebih dulu. Berbeda dengan Sungai Wake, sungai ini meskipun satu aliran dengan Sungai Manggasang dan Sungai Pagat, namun belum banyak orang yang mengetahuinya.

Keindahan sungai ini tak kalah hebat dengan Sungai Manggasang atau Sungai Pagat. Aliran air yang jernih dan bening membuat pandangan Anda tak bisa lepas dari rasa kagum. Dan tentunya, pengin cepat-cepat mau berendam, hehehe.

Airnya yang dingin dengan hamparan batu di bawahnya cukup menambah sensasi mandi sambil berendam di air sungai pegunungan meratus ini. Aliran sungai yang masih asri jauh dari eksploitasi penambangan modern. Sehingga, berendam di tempat ini sangat menyenangkan tentunya.

Oh ya, Anda juga dapat mencuci sepeda dan motor Anda langsung ke aliran Sungai sambil berendam di sana loh. Tenang, Anda tidak akan dikenakan biaya tambahan. Saat ini, Anda hanya perlu memberikan sedikit uang retribusi ala kadarnya untuk pengembangan kawasan ini menjadi lebih baik dan nyaman ke depan.

Dimana Sungai Wake Itu?

Riam Bajandik desa Baru

Pengunjung yang ingin ke Riam Bajandik dapat mengetahui lokasinya dengan mengakses GMaps pada smartphone-nya

Sungai Wake atau yang dikenal dengan Riam Bajandik terletak di Desa Baru, sebagian orang menyebutnya Desa Wake. Namun, secara administrasi nama desa yang benar adalah Desa Baru. Desa ini masuk wilayah administrasi kecamatan Batu Benawa, kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Dari kota Barabai, ibukota kabupaten Hulu Sungai Tengah, desa ini berjarak kurang lebih 10 km. Dengan estimasi waktu tempuh sekitar 15 menit dengan kecepatan rata-rata 40 km/jam baik menggunakan mobil maupun motor.

Anda juga bisa menggunakan sepeda sambil gowes sore-sore karena kemudahan akses jalan yang tersedia. Hindari menggunakan taksi karena sangat jarang ditemukan angkutan umum saat ini.

Meskipun Sungai Wake ini baru dibuka untuk umum, saat ini terus berbenah untuk kenyamanan mandi dan wisata pengunjung. Tempat ini murni swadaya masyarakat dan dikelola sepenuhnya oleh masyarakat Desa Baru.

Bagi Anda yang ingin berkunjung atau ingin berendam di Sungai Wake (Riam Bajandik) dapat mengakses titik koordinat ini. Mandi sambil berendam di sungai memang mengasyikan. Apalagi sambil menikmati panorama alam pegunungan dan luasnya kebun karet . Selamat berakhir pekan.

Tonton videonya di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *