Perhatikan Hal-hal Ini Jika Ingin Membeli Smartphone Flagship!

smartphone flagship

Smartphone Flagship

Buat kalian yang lagi bingung nyari smartphone flagship terbaru, rasanya kalian udah masuk ke Blog yang tepat. Hehehe. Karena gue juga lagi bingung, pengen beli smartphone flagship tapi masih belom bisa tentuin pilihan. Terlalu banyak smartphone flagship yang baru rilis tahun ini, dan beberapa memang menarik perhatian gue as an Android user.

Beberapa brand yang menarik perhatian gue adalah OPPO dengan OPPO Find X-nya, Vivo dengan Vivo Nex, dan Honor 10. Gue tertarik sama brand-brand ini karena mereka sama-sama berasal dari perusahaan China. Dan untuk OPPO, jujur gue udah tau segimana bagusnya, makanya penasaran juga sama OPPO Find X. Untuk OPPO Find X dan Honor 10 udah resmi masuk ke Indonesia, sedangkan Vivo Nex belum. Vivo Nex baru dilaunching secara global aja.

Kalau kalian ada keinginan membeli smartphone flagship dari salah satu produsen smartphone, ada kemungkinan kalian adalah orang yang tajir abeesss. Hehehe. Atau mungkin kalian termasuk orang kayak gue yang suka banget sama android dan ngerasa banyak manfaat yang didapet dari penggunaannya.

Memilih smartphone flagship nggak sama dengan memilih smartphone budget. Karena kita disini sama aja dengan menginvestasikan uang yang banyak dalam sebuah telepon genggam. Harga smartphone flagship sendiri macem-macem, berkisar antara 8juta – 13jutaan kira-kira.

Dari sumber yang gue dapet, yang paling penting kita jadikan pertimbangan saat akan membeli smartphone flagship adalah beberapa hal berikut ini:

  1. Design yang modern dan mewah
  2. Resolusi kamera tinggi
  3. Layar
  4. Prosesor dan Memori penyimpanan
  5. Baterai
  6. Bentuk fisik

Dari kelima hal di atas, kalo buat gue yang paling penting dilihat adalah layar, prosesor & memori penyimpanan, dan baterainya. Dan kalo disuruh milih antara OPPO Find X, Vivo Nex, dan Honor 10, gue bakal pilih OPPO Find X. why? Ini jawabannya:

1. Layar

Honor 10 tampil klasik dengan ‘notch’ atau poni sebagai tempat sensor. Sedangkan layar OPPO Find X dan Vivo Nex hadir tanpa ‘notch’ sama sekali, serta sama-sama memiliki tipe layar AMOLED.

Meskipun sama-sama nggak ada notch dan punya layar AMOLED, gue lebih tertarik sama OPPO Find X karena dia sekarang punya design yang bernama Panoramic Arc Design, dengan layar yang terlihat penuh, beda dengan smartphone lainnya. Screen rationya 93,8%, berukuran 6,42”. Kemewahan yang hakiki kalo menurut gue design OPPO Find X ini.

2. Prosesor dan memori penyimpanan

Ini menurut gue penting. Ya percuma juga kali kalo kita beli smartphone mahal-mahal tapi prosesor sama memori penyimpanannya nggak mumpuni. Untuk Honor 10 dia memakai prosesor chipset Kirin 970 yang berorientasi pada kecerdasan buatan (AI), serta RAM 4GB/128GB.

Vivo Nex dan OPPO Find X lagi-lagi punya kesamaan, yaitu menggunakan prosesor Snapdragon 845 dan RAM 8GB/256GB. Walaupun keduanya menggunakan prosesor yang sama, untuk performa kita belum tau kalo belum mencoba langsung. Prosesor ini penting banget jadi bahan pertimbangan, karena berpengaruh sama kinerja smartphone itu sendiri.

3. Baterai

Honor 10 punya kapasitas baterai sebesar 3400 mAh dengan dukungan Super Charge yang mampu mengisi daya 50% dalam 25 menit. Lalu untuk Vivo Nex, kapasitas baterainya 4000 mAh dan punya fitur fast charging.

Sedangkan OPPO Find X memiliki kapasitas baterai sebesar 3.730 mAh, punya fitur fast charging, dan yang paling beda dari yang lain adalah dia udah ada teknologi VOOC Flash Charge, yaitu teknologi flash charging paling stabil dan lebih cepat. Dalam 30 menit kita bisa mengisi daya sampai 75% pada kondisi pengecasan optimal.

Untuk harga, Honor 10 saat ini dibandrol di angka Rp. 7.000.000

Vivo Nex, Rp. 9.700.000

Sedangkan OPPO Find X punya harga lebih tinggi Rp. 13.499.000

Dengan harga yang berbeda, gue pikir sih ya, kalo mau beli smartphone flagship mending yang sekalian mahal dan bagus. Jangan yang nanggung, sayang duitnya juga. Itu sih prinsip gue kalo beli barang, mending yang mahal sekalian tapi bagus, awet, dan recommended. Apalagi kalo buat smartphone! Misalnya kita keluar 13,5 juta buat OPPO Find X, ya nggak masalah menurut gue. Toh kualitasnya juga sesuai kok sama harganya yang tinggi. Dan sepengalaman gue pernah pake OPPO, kualitasnya oke dan memuaskan. Nggak pernah gue nemuin masalah serius selama pemakaian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *