Tahukah Anda, 5 Pekerjaan Freelance Ini Mendapat Bayaran Mahal?

pekerjaan freelance bayaran mahal

Pekerjaan freelance dengan bayaran mahal

Memang masih banyak yang memandang pekerjaan ini sebelah mata, namun nyatanya penghasilan yang diperoleh para freelancer mampu membuat masyarakat semakin tertarik menjajal profesi serba fleksibel ini. Freelancer hanya dituntut memiliki keahlian profesional dan strategi usaha yang tepat. Jam kerja, ruang kerja, nominal pembayaran, semua bisa diatur secara leluasa.

Bagi freelancer Indonesia yang berpengalaman, menghasilkan uang dari menjual jasa online sudah bukan hal yang mustahil. Bahkan pendapatan mereka bisa mencapai ratusan juta per bulan! Tidak percaya? Simak ulasan pekerjaan freelance yang bernilai jutaan rupiah yang pernah dihasilkan para freelancer asal Indonesia.

1. Penulis (Writer)

Copy Writer, Web-Content Writer, Audio-Video Script Writer, dan penulis naskah cerita adalah beberapa contoh bidang freelancing yang mampu mendulang rupiah hingga dolar dalam nominal yang cukup besar. Nominal ini tidak hanya kalkulasi proyek selama sebulan, bahkan ada juga yang dibayar per jam. Bidang ini sudah sangat umum beredar di tengah anak muda Indonesia, dimana sebagian besar diantara mereka juga termasuk blogger.

2. Penerjemah (Translator)

Fiverr.com mencatat setidaknya hampir seluruh freelancer Indonesia yang mendaftar sebagai seller alias penjual jasa, adalah seorang translator. Mereka menjual jasa penerjemahan berbagai teks, mulai dari teks artikel website hingga portofolio dan jurnal. Rata-rata mereka dibayar per proyek atau per paragraf. Dan nominal yang dihasilkan dari jasa menerjemahkan dokumen berbahas asing ini tergolong cukup tinggi, yakni mencapai 4 juta per bulan, atau per proyek mencapai 500 ribu hingga 2,5 juta rupiah.

3. Virtual Assistant

Jasa ini memerlukan keahlian profesional dan wajib disiplin dalam berbagai aspek. Betapa tidak, freelancer Indonesia yang berprofesi sebagai freelance virtual assistant diwajibkan bisa menguasai banyak bidang yang dituntut oleh klien, dengan pengelolaan waktu yang tepat dan selalu dapat diandalkan.

Freelancer yang menjadi virtual assistant umumnya dibayar per jam, dengan rata-rata pembayaran diatas 1,5 juta rupiah. Bayangkan saja jika dalam sehari freelancer disewa untuk menjadi virtual assistant selama 8 jam kerja klien. Berapa puluh juta yang bisa didapat dalam sebulan? Menggiurkan!

4. Website Designing, Developing and Programming

Freelancer Indonesia yang bergerak di bidang IT pada umumnya menawarkan jasa pengembangan website. Konsentrasi utama mereka adalah membuat layout semenarik mungkin, input bahasa pemrograman, coding, input dan output database, serta maintenace sebuah server. Keahlian dan penguasaan bidang website terbukti menjadi jasa yang paling banyak dibutuhkan oleh perusahaan maupun startup seluruh dunia.

Banyak freelancer Indonesia yang bahkan mendulang dolar dari jasa ini. Kalau sudah bicara dolar, tentu nilainya cukup fantastis. Gaji freelancer Indonesia yang bergerak di bidang ini bisa mencapai 5 juta rupiah per bulan.

5. Illustrator dan Graphic Designer

2 profesi freelance ini menjadi sangat dibutuhkan apalagi untuk membuat sebuah iklan dan logo untuk sebuah perusahaan online. Freelancer Indonesia yang memiliki bakat dan keahlian menggambar/melukis ilustrasi bisa meraup banyak keuntungan dengan menjual jasa sebagai pelukis karikatur, menggambar commision, atau mendesain manual sebuah cover novel. Begitu pula dengan graphic designer. Dengan menjual jasa membuat poster, banner iklan atau membuat sebuah logo, keuntungan hingga 1 juta per proyek bisa didapatkan dengan mudah.

Nah, profesi freelance mana yang Anda pilih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *