Mengemudi Mobil di Musim Hujan? Perhatikan 4 Komponen ini!

mengemudi mobil saat hujan

Mengemudi mobil saat musim hujan

Kenyamanan berkendara memang sangat penting bagi kita. Sebab kita bisa mengemudi dengan penuh konsentrasi ketika merasa nyaman. Walaupun sudah memiliki asuransi mobil yang bagus, bukan berarti kita boleh menyepelekan kondisi mobil kesayangan.

Biasanya musim hujan membuat kita harus lebih berkonsentrasi ketika berkendara. Jadi, jangan sampai kerusakan beberapa komponen mobil berikut ini mengganggu kita di musim hujan:

1. Karet Wiper yang Retak atau Pecah

Karet wiper yang retak atau pecah tentu harus lekas diganti. Karena wiper tidak bisa berfungsi maksimal ketika kita mengoperasikannya di musim hujan. Memaksakan penggunaan wiper yang rusak hanya akan membuat kaca mobil jadi lecet. Bunyi yang dihasilkan oleh wiper rusak pun akan mengganggu kita saat berkendara.

2. Sistem Kelistrikan

Gangguan pada sistem kelistrikan harus segera diatasi di musim hujan. Agar tidak ada masalah aki atau gangguan sistem kelistrikan lainnya yang berpotensi mengganggu penggunaan mobil. Kita juga wajib menyalakan lampu dan indikator lainnya ketika musim hujan. Jadi, sudah pasti kita membutuhkan sistem kelistrikan mobil yang prima untuk menghadapi musim hujan.

3. Suspensi yang Melindungi Mobil

Sistem suspensi erat kaitannya dengan performa mobil ketika melewati jalanan rusak. Jalanan yang tergenang air memang membuat kita kesulitan memprediksi kedalaman genangan air. Mobil harus memiliki sistem suspensi yang baik untuk mengatasi guncangan ketika kita berkendara. Maka kita dan penumpang lainnya pun akan merasa nyaman dengan sistem suspensi mobil yang memadai.

4. Sistem Pengereman

Ketika musim hujan, sistem pengereman mobil rentan mengalami kebasahan dan berdecit ketika digunakan. Sebaiknya kita melakukan pemeriksaan sistem rem secara berkala. Agar rem tersebut pakem dan bisa berfungsi dengan baik di musim hujan. Jangan lupa pula melumasi rem dengan minyak rem berkualitas untuk mendukung performa pengereman di musim hujan.

Pasti kita akan merasa lebih nyaman berkendara bila sudah memperhatikan keempat komponen mobil tersebut. Dan akan lebih nyaman lagi jika kita sudah melengkapi mobil dengan asuransi mobil yang bagus saat ini. Perlindungan maksimal dari asuransi dan kemampuan kita merawat mobil adalah padanan terbaik untuk meningkatkan kualitas berkendara kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *