Tips Memanfaatkan Promo Ramadhan untuk Lebaran Anda

tips memanfaatkan promo ramadhan

Tips Memanfaatkan Promo Ramadhan untuk Memenuhi Kebutuhan Lebaran Anda

Bulan Ramadhan akan datang sebentar lagi yang berarti bulan puasa akan segera tiba dimana penghujungnya akan ditutup dengan hari kemenangan yaitu hari lebaran. Di bulan Ramadhan, umat Islam bukan hanya melakukan ibadah puasa dan ibadah lainnya namun juga mempersiapkan tradisi yang akan dilakukan di hari raya Idul Fitri atau lebaran. Tradisi tersebut antara lain adalah mudik lebaran dengan berkunjung ke tempat keluarga yang jauh untuk bisa berkumpul bersama. Agar lebih memberikan kesan, pastinya Anda ingin membawa oleh-oleh untuk keluarga yang ingin dikunjungi. Karena banyaknya kebutuhan lebaran tersebut, banyak promo Ramadhan yang digelar oleh pusat perbelanjaan sehingga Anda bisa membeli makanan ringan hingga oleh-oleh pakaian untuk keluarga dengan harga terjangkau.

Bukan rahasia lagi bahwa menjelang bulan Ramadhan pusat perbelanjaan akan menggelar pesta diskon dimana berbagai barang jualan akan dijual dengan harga yang lebih murah. Dari mulai makanan dan bahan makanan hingga pakaian serta peralatan rumah tangga, bisa mendapatkan diskon yang menarik sehingga bisa membuat hemat pengeluaran Anda selama bulan Ramadhan. Namun karena banyak sekali barang yang di diskon, jika tak terkontrol, justru Anda bisa menghabiskan dana yang lebih besar karena tergiur dengan harga jual yang lebih murah sehingga membeli banyak barang meski belum terlalu dibutuhkan.

Untuk menghindari sifat boros saat berbelanja kebutuhan Ramadhan di pusat perbelanjaan yang sedang melakukan promo, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan diantaranya:

Membuat list barang yang harus dibeli

Sebelum datang ke pusat perbelanjaan, sebaiknya Anda sudah membuat list apa saja yang akan dibeli misalnya oleh-oleh untuk keponakan sebanyak 5 buah dalam bentuk pakaian. Bukan hanya oleh-oleh saja namun juga untuk produk makanan dan bahan makanan, sebaiknya juga sudah memiliki list sebanyak yang sekiranya nanti dibutuhkan misalnya sirup 2 botol dan gula 2 kg.

Buat budget

Selain membuat list, Anda juga harus membuat budget untuk kategori barang yang akan dibeli. Misalnya Anda akan membeli oleh-oleh makan buat budgetnya sehingga tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit. Begitu juga dengan pembelian makanan dan bahan makanan, gunakan budget untuk mengukur mana yang bisa dibeli dan mana yang tidak.

Beli hanya barang promo saja

Point ini bisa Anda gunakan ketika akan membeli oleh-oleh keluarga. Belilah oleh-oleh yang memiliki diskon saat promo Ramadhan sehingga harga jualnya lebih rendah. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan lebih banyak barang dengan budget dana yang sama.

Belanja di tempat yang serba ada

Untuk memenuhi kebutuhan Ramadhan dan lebaran, sebaiknya langsung saja berbelanja di tempat perbelanjaan yang lengkap dan sedang memiliki program promo untuk berbagai kategori barang belanjaan. Dengan begitu bukan hanya Anda akan menghemat waktu dan tenaga namun juga menghemat uang karena semakin sedikit pergi ke tempat belanja semakin Anda tidak akan tergiur dengan membeli barang yang tidak diperlukan.

Dari cara pemanfaatan promo di bulan Ramadhan tersebut di atas, Anda bisa mempraktekkannya untuk berbelanja di pusat perbelanjaan seperti mall dan super market ataupun di situs belanja online terpercaya. Ramadhan dan lebaran sejatinya bukanlah ajang untuk pamer atau menghambur-hamburkan uang sehingga Anda tak perlu terlalu banyak berbelanja. Gunakan uang yang dimiliki untuk menyumbang orang lain yang memerlukan sehingga juga bisa ikut bergembira di hari kemenangan.

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *