Pastikan 3 Pertimbangan Ini dalam Memilih Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan

asura.co.id salah satu penyedia asuransi kesehatan

Istilah asuransi sangat familiar diucapkan pada masyarakat berbagai golongan. Hal ini disebabkan banyak sekali orang yang menggunakan jasa layanan asuransi ini. Asuransi kesehatan adalah salah satu contoh dari banyaknya jenis asuransi yang tersedia. Asuransi ini memberikan jaminan kesehatan bagi tertanggung selama mengikuti program dan terdaftar sebagai keanggotaan. Anda, kakak, adik, anak, orangtua, dan seluruh anggota keluarga Anda bisa menjadi bagian dari program asuransi ini.

Semakin banyaknya masyarakat yang ikut bergabung dalam program asuransi kesehatan ini tentu saja menjadi berita bagus untuk perkembangan asuransi tanah air. Selain  itu, kondisi ini telah menggambarkan bahwa masyarakat kita sudah mulai peduli dengan jaminan kesehatan hidupnya.

Macam-macam istilah dalam asuransi

Sebelum Anda memutuskan untuk mengikuti jasa asuransi, sebaiknya terlebih dahulu Anda harus mengenal berbagai macam istilah yang digunakan dalam bidang asuransi agar Anda lebih paham dan merasakan kenyamanan dalam menggunakanya.

  • Agen adalah orang yang menyediakan jasa asuransi yang bertugas mencari nasabah. Agen ini akan membimbing Anda dalam mengurusi keperluan asuransi.
  • Polis adalah sebuah perjanjian antara penanggung dan pemegang polis dan dokumen lainya.
  • Premi adalah sejumlah iuran yang harus anda bayar setiap bulanya yang mana nanti akan dijadikan saldo dalam asuransi anda. Saldo ini dapat digunakan untuk membiayai semua biaya kesehatan anda nantinya.
  • Tertanggung adalah daftar nama anggota keluarga yang sudah tertulis di dalam polis yang mana akan menjadi tanggungan di dalam asuransi Anda.
  • Pertanggungan adalah istilah yang digunakan untuk menyebutkan jenis tanggungan apa saja yang akan ditanggung oleh pihak asuransi.

Bentuk kepedulian masyarakat Indonesia terhadap kesehatan

Kesehatan adalah salah satu hal yang sangatlah mahal harganya dan tidak bisa diganti dengan apapun. Tentu saja semua orang di dunia ini ingin tetap sehat selama hidupnya. Namun karena berbagai faktor, terkadang manusia juga akan jatuh sakit sesekali. Oleh karena itu, sangat penting sekali untuk selalu perduli terhadap kesehatan diri dan keluarga.

Salah satu bukti terhadap kepedulian masyarakat dengan asuransi adalah banyak menjamurnya masyarakat yang sudah menggunakan jasa asuransi kesehatan untuk dirinya dan keluarganya. Ya menang benar, asuransi kesehatan ini adalah jenis asuransi yang banyak sekali diminati oleh masyarakat di samping jenis asuransi jiwa dan asuransi pendidikan. Mereka mengakui mendapatkan banyak keuntungan dan manfaat ketika mengikuti program asuransi kesehatan ini. Asuransi ini dianggap mereka sebagai tabungan kesehatan yang bisa digunakan untuk membiayai seluruh pengobatan sendiri dan keluarga sekarang ataupun suatu hari kemudian.

Selain masyarakat yang sudah peduli dengan kesehatan, pemerintah Indonesia juga sudah mulai menunjukan kepedulianya terhadap kesehatan rakyatnya yaitu dengan mengeluarkan asuransi BPJS untuk menanggung semua biaya kesehatan rakyatnya.

Beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam mengikuti asuransi kesehatan

Jika anda merasa tertarik untuk mengikuti program asuransi kesehatan ini, ada baiknya Anda harus mempertimbangkan dulu hal-hal berikut ini:

  1. Tahap paling awal adalah mulailah memeriksa pertanggungan yang sudah tercatat di dalam perjanjian polis asuransi. Untuk dewasa dan anak-anak, pertanggungan ini tidak terlalu diperhatikan. Namun untuk keperluan asuransi kesehatan untuk lansia Anda harus memperhatikan pertanggungan untuk biaya rawat jalan, biaya rawat inap, dan biaya pemeriksaan lebih lanjut (laboratorium);
  2. Anda harus dengan jujur mengatakan semua kondisi yang dialami sekarang dan menceritakan semua kondisi/riwayat penyakit yang pernah dialami sebelumnya; dan
  3. Jangan lupa untuk mencermati asuransi untuk penyakit kritis. Manusia tidak ada yang tahu apakah akan ditakdirkan mengidap penyakit kritis atau tidak nantinya. Nah, untuk jaga-jaga saja, sebaiknya Anda juga perlu mempertimbangkan jenis layanan asuransi untuk menanggung biaya Anda ketika mengalami penyakit kritis nantinya.

Dengan pertimbangan di atas tentunya Anda sudah bisa memutuskan mana saja pertanggungan yang akan diikutsertakan dalam prioritas asuransi kesehatan yang Anda ikuti. Mudahan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *