Astra Tak Memproduksi Lagi, Motor Ini Tetap Setia Menemaniku

astra motor

Kantor Astra Motor Indonesia

Astra merupakan sebuah perusahaan multinasional yang bergerak di bidang otomotif. Namun, seiring perkembangannya perusahaan ini juga melebarkan sayap bisnisnya pada cabang usaha yang lain. Terdapat sekitar 212 anak perusahaan dengan cabang usaha yang berbeda yang dimiliki Astra. Adapun induk usahanya meliputi: otomotif, agribisnis, properti, keuangan, alat berat, pertambangan dan energi, infrastruktur, logistik dan lainnya, dan teknologi informasi.

Saat ini, usianya sudah memasuki yang ke-60 tahun berkarya memberikan kontribusi memajukan bangsa Indonesia. Selama 60 tahun ini Astra telah banyak menciptakan berbagai produk khususnya pada bidang otomotif, baik motor maupun mobil. Meskipun saat ini saya belum memiliki sebuah mobil produksi Astra, namun ingin rasanya berbagi kepada Anda semua tentang motor yang saya miliki yang terus menemani saya hingga saat ini dalam menunjang aktivitas saya sehari-hari.

Win 100 Motor Sejuta Umat

Siapa yang tidak kenal dengan Win 100? Motor “laki” yang biasa dipakai Pak lurah, camat, pegawai bank, maupun pegawai pemerintah lainnya untuk berdinas ini boleh dikatakan produk sejuta umat. Selain dijadikan sebagai motor dinas, motor ini juga sangat disenangi masyarakat umum karena kelebihan yang dimilikinya. Meskipun motor ini sudah tidak diproduksi lagi (terakhir produksi tahun 2005) namun, motor ini masih menjadi salah satu motor yang sering dicari masyarakat luas untuk mereka miliki dalam membantu aktivitas mereka sehari-hari. Sehingga, akan sangat wajar jika harga motor ini masih lumayan tinggi di pasaran motor bekas.

11 Tahun Hidup Bersama

11 tahun bukan waktu yang singkat sebuah motor bisa bertahan menemani “majikannya” baik di kala suka maupun duka. Motor keluaran Astra yang saya gunakan ini merupakan motor bekas, bukan hasil dari pembelian yang baru. Tahun produksinya terbilang cukup tua, yakni tahun 1997. Saya membelinya pada teman saya sekitar tahun 2006 silam. Dalam perjalanannya, tak bisa dipungkiri bahwa saya juga pernah mendapati hal-hal yang membuat hati kesal dan jengkel. Namun, saya pikir itu merupakan hal yang lumrah dan wajar jika setiap barang pasti memiliki dua sisi yang bertolak, yakni: keunggulan dan kelemahan. Kelemahan yang muncul menurut saya lebih pada akibat  tergerusnya pemakaian maupun disebabkan oleh faktor non teknis lainnya, seperti: putus rantai, ban bocor, atau kehabisan bbm saat diperjalanan. Alhamdulillah, saya belum pernah mendapati motor saya mogok di tengah jalan tanpa sebab yang pasti dan jelas.

Ada alasan tersendiri bagi saya mengapa waktu selama itu seakan tak terasa senantiasa hidup bersama dan menemani di setiap aktivitas saya sehari-hari. Kelebihan yang dimiliki motor ini dibanding yang lain menjadi alasan mengapa hingga sekarang masih tetap bertahan menemani saya. Bodinya yang ringan, awet dipakai, perawatan yang mudah dan murah, serta bahan bakar yang irit menjadi nilai tambah keunggulan motor ini dibanding motor yang lain. Selain itu, motor ini juga dapat menghadapi segala medan jalan yang ekstrim sekalipun. Hal itu telah saya buktikan dengan pengalaman saya mengarungi curamnya pegunungan Meratus saat saya ditugaskan di daerah terpencil sebagai pengajar.

Dalam hal perawatan antara merawat mobil dan merawat motor tentu memiliki perbedaan. Namun, dalam merawat motor kesayangan saya ini selain mudah dilakukan, masih banyaknya sparepart yang tersedia di pasaran dan harga yang terbilang relatif murah menambah kecintaan saya pada motor ini. Dengan perawatan yang tepat, saya bisa memastikan bahwa motor produk Astra ini akan selalu awet menemani aktivitas hari-hari Anda.

60 tahun Astra Berkarya

Selain bergelut di bidang bisnis, perusahaan multinasional ini juga turut berkontibusi dalam bidang sosial. Astra berkontribusi kepada masyarakat, lingkungan, dan bertanggung jawab kepada karyawan, dengan menciptakan keseimbangan antara kepentingan bisnis, sosial, dan lingkungan. Dengan pendekatan yang terintegrasi dari 4 pilar tanggung jawab sosial (corporate social responsibility/CSR), meliputi: Astra Untuk Indonesia Sehat, Cerdas, Hijau, dan Kreatif. Perusahaan multinasional ini terus berinisiatif untuk memberikan nilai tambah yang berkelanjutan bagi masyarakat Indonesia. Selain itu, Astra juga melaksanakan SATU Indonesia Awards sebagai ajang untuk mencari pemuda-pemudi Indonesia berbakat yang memiliki semangat yang sejalan untuk senantiasa berkarya dan memberi manfaat yang luas bagi masyarakat.

Semoga di usia yang sudah memasuki ke-60 tahun masa berkaryanya Astra selalu memberi manfaat yang besar dan terbaik untuk kemajuan bangsa dan negara di segala lini kehidupan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *