IWIC, Realisasikan Aplikasi Hasil Belajar Pendidikan Kami!

Iwic11 Indosat Ooredoo 2017

Pagelaran IWIC11 Indosat Ooredoo

Mewujudkan impian untuk memajukan dunia pendidikan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Setiap orang memiliki sudut pandang sendiri dalam menuangkan ide atau gagasannya. Tak harus mewah atau dikatakan hebat. Memberikan kontribusi yang sederhana dengan segudang manfaat, itulah impian yang selalu ingin saya realisasikan hingga saat ini untuk ikut membantu terciptanya kemudahan mengakses informasi dalam dunia pendidikan.

Kesibukan dan keseharian di sekolah dengan tugas membimbing, mendidik, mengajar, dan memberikan penilaian terhadap siswa sebagai tugas utama telah “memaksa” saya berpikir keras mencari solusi yang tepat bagaimana caranya agar hasil belajar siswa dapat dengan mudah diakses oleh warga sekolah termasuk para orang tua siswa tanpa harus menunggu buku rapor yang selalu dibagikan di setiap akhir semester.

Pada prinsipnya, poin utama dari seluruh kegiatan pendidikan adalah hasil belajar. Hasil belajar siswa tercipta dari serangkaian proses bimbingan, didikan, dan kegiatan pembelajaran yang dilakukan di sekolah baik ranah kognitif, apektif, maupun psikomotorik. Semua ranah itu tentunya akan sangat mudah diakses jika dibuatkan sebuah aplikasi “Hasil Belajar” berbasis smartphone. Sehingga, para warga sekolah (baik guru maupun siswa) dan para orang tua dapat melakukan monitoring tentang progress hasil belajarnya dan anak-anaknya di semua bidang pelajaran secara realtime selama terhubung dengan internet.

Deskripsi Aplikasi “Hasil Belajar”

Meskipun masih sebatas ide namun, dengan diciptakannya aplikasi ini nantinya diharapkan dapat membantu mudahnya mengakses informasi dalam dunia pendidikan khususnya hasil belajar siswa secara realtime dan up to date. Aplikasi ini bersifat satu arah, tidak ada forum diskusi dan tanya jawab. Aplikasi ini berisi tentang informasi seputar hasil belajar siswa, mencakup: data siswa dan hasil belajarnya yang terdiri dari 3 ranah (kognitif, apektif, dan psikomotorik). Hasil belajar yang ditampilkan meliputi: nilai tugas, PR, ulangan harian, ulangan tengah semester, termasuk nilai UAS/UN. Tak menutup kemungkinan ditambahkan fitur ekstrakurikuler dan pengembangan diri siswa.

Dalam aplikasi ini, hasil belajar yang ditampilkan adalah hasil belajar sehari-hari selama hari sekolah. Hasil belajar yang dimuat sifatnya nilai kompetensi yang mereka (siswa) peroleh di setiap proses pembelajaran dan akhir pembelajaran. Nilai yang ditampilkan bukan merupakan nilai rapor, justru nilai inilah yang nantinya akan digodok dan dihitung di akhir semester untuk mendapatkan nilai rapor.

Mengakses Aplikasi

Setiap pengguna aplikasi ini harus membuat sebuah komunitas sekolahnya yang di dalamnya terdapat akun guru, siswa, dan orang tua. Dalam komunitas ini, setiap guru (wali) kelas akan menjadi admin (ketua) komunitas dengan cara melakukan “registrasi” akun terlebih dahulu.

Setelah komunitas terbentuk, barulah para siswa dan orang tua membuat akun mereka masing-masing dan selanjutnya bergabung dalam komunitas sekolahnya yang telah terbentuk sebelumnya.

Sebagai admin (ketua) komunitas, guru (wali) kelas akan memiliki akses full control. Akun admin (ketua) komunitas membawahi semua akun siswa maupun orang tua. Segala macam informasi termasuk keamanan akun harus permisi terlebih dahulu di akun admin (ketua) komunitas. Sehingga jika terdapat aktivitas yang mencurigakan pada akun komunitasnya dapat dengan mudah diketahui termasuk dalam hal permintaan reset password.

Cara Kerja Sistem Aplikasi

Banyaknya data yang diperlukan mengharuskan aplikasi Hasi Belajar memiliki server yang besar dan kuat. Karena sifatnya berskala nasional, maka data sekolah di seluruh Indonesia harus sudah tersimpan di database aplikasi (diharapkan dapat bekerjasama dengan Kemdikbud untuk memenuhi database sekolah ini). Sehingga, ketika pengguna ingin mendaftarkan komunitas sekolahnya akan muncul nama sekolah dimaksud secara otomatis karena telah terintegrasi sepenuhnya dengan database sekolah di seluruh Indonesia.

Dengan aplikasi yang sifatnya realtime dan up to date, mengharuskan para guru untuk selalu memperbarui nilai siswanya setiap pembelajaran berlangsung.

Manfaat Aplikasi

Adapun manfaat yang bisa didapat dari aplikasi ini, antara lain:

  1. Hasil belajar siswa dapat dengan mudah diketahui baik oleh guru, siswa, maupun orang tua;
  2. Pengawasan terhadap prestasi dan kompetensi anak dapat dengan mudah dilakukan oleh orang tua;
  3. Sebagai sarana refleksi terhadap proses pembelajaran selanjutnya atas kompetensi yang telah diraih siswa pada pembelajaran sebelumnya.

Realisasi Aplikasi

SDM saya sebagai guru yang masih terbatas dalam dunia teknologi dan informasi (IT) menjadi kendala dalam merealisakan ide ini. Namun, saya akan terus belajar dan berusaha menaklukkan impian saya ini menjadi kenyataan. Mudah-mudahan dengan diselenggarakannya ajang tahunan IWIC dari Indosat Ooredoo ini menjadi inspirasi para ahli IT untuk ikut berkontribusi memajukan kemudahan mengakses informasi dalam dunia pendidikan kita khususnya ide yang saya tuangkan dalam tulisan ini.

Jika Anda berminat untuk ikut serta menuangkan ide atau gagasan inovatif maupun merealisasikan ide saya ini, Anda dapat berpartisipasi di kontes IWIC11 yang diselenggarakan oleh Indosat Ooredoo. Semua orang bisa berkontribusi dalam ajang tahunan ini, tidak ada batasan usia dan jenis kelamin.

Selamat berkarya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *