4 Langkah Memasarkan Jasa Freelance Lewat Medsos

jasa freelance

4 langkah memasarkan jasa freelance lewat medsos

Memasarkan jasa freelance dengan memanfaatkan media sosial (medsos) sebagai media penyebaran informasi terbukti memberikan banyak peluang masuknya proyek. Terlebih jika mengetahui celah positif pemanfaatan internet marketing lewat medsos seperti Facebook, Twitter, Path, Instagram dan Gplus.

Pemanfaatan ini tentu harus dibarengi dengan strategi yang jitu agar klien bisa langsung mengenali jasa freelance yang ditawarkan dan langsung menuju ke website jasa terkait. Untuk memaksimalkan medsos sebagai media pemasaran, berikut ini saya sajikan 4 langkah mudah memasarkan jasa freelancing lewat media sosial.

Brand Your Gigs/Product

Mengapa brand begitu penting? Klien pertama kali akan tertarik dengan nama jasa sebelum melihat harga dan kualitasnya. Penentuan brand image diharuskan mudah diingat, mudah dicari di search engine, tepat sasaran dan menarik.

Setelah branding jasa, mulailah memasarkan brand tersebut ke medsos. Contohnya dengan membuat Fan Page (FP) Facebook. Cantumkan profil yang jelas dan tak ambigu, kemudian unggah beberapa artikel yang berkaitan dengan jasa freelance. Jangan lupa untuk mengintegrasikan FP tersebut dengan url website jasa freelancing.

Nah, setelah proses integrasi selesai, mulailah memasarkan jasa dan produk lewat media sosial tersebut. Jangan hanya 1 media, manfaatkan juga jenis media sosial lainnya, seperti mencantumkan hashtag terkait jasa yang ditawarkan. Setidaknya lakukan update sekali dalam sehari. Ini guna menaikkan posisi jasa freelance ke halaman pencarian sehingga mudah ditemukan klien.

Stay In Touch With Clients

Menjalin komunikasi dengan klien bisa dilakukan freelancer lewat medsos. Sesekali tanyakan apa yang menjadi kebutuhan mereka terkait jasa freelance. Seperti melakukan direct survei. Lakukan direct survei ini dengan komunikasi yang santai, tidak terkesan mendikte apa mau si klien. Dengan begitu, freelancer bisa mengerti kebutuhan pasar dari detail ide, persaingan harga dengan freelancer lain, dan standar kualitas yang diberikan pesaing jasa.

Jalin kerja sama yang baik dengan klien. Apabila klien terkoneksi dengan jasa freelancer lain, lihat apa yang mereka dapatkan di sana. Informasi seperti itu akan membuat sebuah komparasi kecil dan bisa mendatangkan ide untuk menyajikan jasa yang unik dan berbeda, baik dari segi kualitas maupun harga.

Drive Targeted Traffic

Social Media Marketing memang sangat manjur bagi freelancer yang ingin agar website-nya menunjukkan traffic yang tinggi. Untuk membuat traffic tepat sasaran, bisa juga dengan memasukkan contextual linking dari website jasa ke postingan medsos. Ide ini dicetuskan Marcus Hochstadt, pengusaha berbasis internet asal Jerman. Ia mengatakan, “doing contextual linking will set you up to get more quality traffic and thus more sales.”

Link kontekstual adalah backlink yang sangat diperhitungkan Google, tentunya setelah link yang tercantum telah terindeks Google. Dengan begitu, mencantumkan link kontekstual di medsos juga merupakan cara freelancer mentarget traffic sehingga klien pun berdatangan secara ‘otomatis’.

Follow the Event Continuously

Jika jasa freelance Anda lakukan sendiri (individual) bukan sebuah perusahaan, tentu dengan mengikuti event secara terus-menerus dan berkesinambungan sangat bagus untuk memasarkan tulisan Anda. Kualitas tulisan Anda akan sangat diperhitungkan dalam sebuah perlombaan. Menuangkan sebuah ide/gagasan yang bersaing dan bermanfaat menjadi keuntungan tersendiri terhadap jasa freelance yang Anda lakukan.

Selain hadiah yang didapat bagi penulis yang terpilih, para sponsor biasanya akan datang sendiri menghampiri Anda untuk menawarkan kerjasama. Di sinilah keuntungan bertubi-tubi yang Anda dapatkan. Selain mendapatkan hadiah, tanpa disadari pemasaran jasa freelance Anda telah dibantu oleh para sponsor yang bekerjasama dengan Anda.

Terdapat banyak sekali event-event yang bisa Anda ikuti, mulai dari skala yang kecil, sedang, hingga besar yang kesemua itu memberikan dampak positif terhadap jasa freelance yang Anda geluti.

Demikian 4 langkah mudah yang bisa Anda lakukan dalam memasarkan jasa freelance lewat media sosial untuk menunjang keberhasilan usaha Anda sebagai freelancer. Mudahan informasi ini bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *