Perhatikan Bagian Ini Ketika Beli Komputer atau Laptop Baru!

tips membeli komputer

Tips ketika ingin membeli komputer atau laptop

Apa yang harus diperhatikan ketika beli komputer atau laptop baru? Mengapa ketika ingin membeli komputer harus selektif? Bukankah semua komputer itu sama performanya?

Saat ini, komputer maupun laptop sudah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang dalam menunjang aktivitas kerjanya baik di lingkungan pemerintahan, kantoran, kampus, sekolah maupun untuk kebutuhan di rumah sendiri. Penggunaan komputer saat ini, selain sebagai penunjang aktivitas kerja, sebagian orang juga menggunakannya sebagai media bermain game. Tak menutup kemungkinan jika beberapa orang juga beranggapan bahwa komputer adalah hanya sebatas bagian dari gaya hidup sehingga tidak menjadi hal wajib yang harus ia penuhi. Di sinilah peran komputer akan terlihat jelas, apakah sebagai penunjang aktivitas kerja sehari-hari, sarana bermain game, atau sebatas gaya hidup. Meskipun pada kenyataannya, komputer mencakup semua fungsi itu.

Komputer terbagi menjadi 2 jenis jika dilihat berdasarkan kemudahan membawanya, yakni: Pesonal Computer (PC) dan komputer jinjing. PC biasa kita jumpai pada rumah-rumah, kantor-kantor, atau sekolah maupun kampus. Terbagi menjadi beberapa unsur yang terpisah antara monitor, CPU, papan keyboard, mouse, dan speaker. Seiring dengan kemajuan zaman, beberapa speaker sudah ada yang terintegrasi dengan monitor. Berbeda dengan PC, komputer jinjing adalah terobosan terbaru dan inovatif yang berhasil menyatukan unsur-unsur PC yang terberai tersebut. Di mana, bagian PC seperti monitor, CPU, papan keyboard, mouse, dan speaker telah terintegrasi semuanya dalam satu bagian. Komputer jinjing ini kita kenal dengan sebutan laptop.

Lalu, saat kita membutuhkan komputer baik jenis PC maupun laptop, baik untuk penunjang aktivitas kerja sehari-hari maupun sebagai media bermain game, apa yang harus diperhatikan terlebih dahulu sebelum membelinya? Pada dasarnya, perbedaan kebutuhan akan sangat mempengaruhi terhadap spesifikasi komputer yang akan kita beli. Namun, bukan berarti mengabaikan kualitasnya. Jika kebutuhan kita sebatas untuk mengetik dan mengerjakan administrasi kantor, spesifikasi yang dibutuhkan mungkin tidak terlalu tinggi. Berbeda jika keperluan kita lebih besar untuk bermain game, tentu spesifikasi “Dewa” akan sangat berperan dan harus dipenuhi untuk kelancaran dan kenyamanan selama bermain.

Baca Juga: Alasan Mengapa Anda Harus Memilih Laptop Gaming

Ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian Anda ketika ingin beli komputer, baik PC maupun laptop. Tujuannya adalah agar selama menggunakan komputer tersebut tidak terdapat kendala yang berarti yang dapat membuat Anda jengkel, kesal, boring, hingga mengganggu pekerjaan Anda. Berikut beberapa hal yang wajib Anda ketahui saat beli komputer atau laptop baru:

Prosesor (Processor)

Prosesor sering disebut orang sebagai “otak”nya komputer. Prosesor merupakan dalang dibalik tunduknya komputer terhadap perintah (command) yang kita berikan. Di Indonesia, prosesor yang cukup populer seperti Intel dan AMD. Tingkatan performanyapun berbeda-beda, mulai dari yang biasa (kuno) hingga yang mumpuni. Hal itu selaras dengan kebutuhan dan kemajuan zaman. Prosesor yang baik akan sangat berpengaruh terhadap kualitas performa komputer atau laptop Anda saat digunakan, terlebih jika mengerjakan sesuatu yang terbilang “berat”.

Ketika Anda sebatas mengerjakan pengetikan, mendengarkan alunan musik mp3, atau menjalankan beberapa aplikasi yang “ringan”, mungkin tidak terlalu berpengaruh yang signifikan terhadap kinerja komputer maupun laptop Anda. Namun, akan sangat mengganggu jika digunakan menjalankan perintah atau membuka aplikasi yang berat, seperti: membuka beberapa aplikasi secara bersamaan, bermain game, atau menjalankan aplikasi berat lainnya. Keluhan yang sering dialami biasanya seperti loading yang lama hingga menyebabkan komputer error. Oleh karena itu, pilihlah jenis prosesor yang mumpuni dan handal agar tidak mengganggu kinerja Anda.

Random Access Memory (RAM)

RAM merupakan perangkat dalam sebuah komputer atau laptop yang dapat mengakses memori secara acak dengan cepat. Terkadang, RAM juga sering disebut sebagai memori utama dalam sebuah perangkat. Kemampuan RAM untuk mengakses data secara acak membuatnya lebih cepat menampilkan data. Selain itu, RAM juga dapat menyimpan data sementara pada perangkat saat perangkat tersebut menyala dan data belum sempat disimpan pada hardisk. Dapat dikatakan bahwa RAM adalah perangkat memori yang paling cepat dalam suatu komputer dibandingkan dengan jenis perangkat memori lain seperti HDD atau Hard Disk Drive dan SSD.

Meskipun demikian, hal lain yang membedakan RAM dengan perangkat penyimpanan lainnya adalah memori yang disimpan bersifat sementara dan akan hilang secara otomatis jika komputer atau laptop dimatikan. Jadi, semakin besar RAM, semakin baik untuk kecepatan akses kinerja komputer.

Storage (Penyimpanan)

Pada komputer atau laptop dikenal dengan sebutan hardisk. Hardisk ini merupakan tempat penyimpanan data yang bersifat tetap dan abadi. Setiap dokumen (file) hasil kinerja kita selama mengoperasikan komputer akan tersimpan di hardisk, baik itu dokumen pengetikan, foto, video, dan sebagainya. Hardisk juga merupakan tempat bersemayamnya operasi sistem yang Anda gunakan, termasuk setiap aplikasi komputer yang Anda instalasi.

Bersifat abadi bukan berarti tak akan hilang. Maksud dari sifat ini adalah ketika komputer kita matikan, selama dokumen itu sudah tersimpan di hardisk, maka masih bisa kita akses, terkecuali hardisk ini telah rusak, maka kita tak akan dapat mengaksesnya lagi.

Hardisk terdiri dari dua jenis, yakni hardisk internal dan hardisk external. Hardisk internal adalah hardisk yang melekat pada CPU atau laptop. Hardisk ini merupakan tempat instalasi operasi sistem komputer atau laptop Anda dan sebagai ruang penyimpanan data. Hardisk external tujuannya lebih pada tambahan ruang penyimpanan, mungkin karena hardisk internal yang sudah mulai penuh ruang penyimpanannya. Sifatnya fleksibel karena dapat Anda bawa tanpa harus membawa komputer atau laptop. Hardisk external juga dapat digunakan untuk mem-backup data-data komputer Anda sebagai cadangan.

Banyaknya data yang harus disimpan dalam komputer, menuntut kita untuk memilih hardisk yang memiliki ruang penyimpanan yang besar tanpa mengenyampingkan kualitasnya tentunya. Karena pada prinsipnya, kualitas hardisk sangat beragam, sesuai dengan besarnya ruang penyimpanan dan harga yang ditawarkan. Oleh karena itu, pilihlah hardisk yang menawarkan ruang penyimpanan yang besar dan berkualitas sebelum beli komputer atau laptop.

VGA Card

VGA Card atau kartu grafis adalah suatu perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mengolah dan menerjemahkan data grafis komputer menuju ke layar monitor. VGA card ini memiliki Graphics Processing Unit (GPU) sebagai procesor dan juga membutuhkan memori. Pada umumnya kartu grafis atau VGA card ini bisa dianggap sebagai komponen yang penting, dan juga bisa dianggap komponen yang tidak penting.

Beberapa orang menilai jika kartu grafis dianggap tidak penting karena biasanya sudah terintegrasi di motherboard (VGA card onboard). Sehingga, jika pengguna komputer hanya menggunakan komputernya untuk aktivitas multitasking seperti microsoft office, atau browsing, maka tidak perlu menggunakan VGA card dengan spesifikasi tinggi. Namun, jika pengguna komputer menggunakannya untuk keperluan bermain game dan grafis yang memerlukan tampilan grafis yang tinggi, maka wajib hukumnya menggunakan VGA Card ini.

Itulah beberapa poin penting yang harus menjadi perhatian utama saat Anda akan beli komputer atau laptop baru agar ketika digunakan tidak mengalami kendala yang dapat mengganggu pekerjaan atau bermain Anda. Semoga bermanfaat.

Comments
  1. Wah, informasinya sangat membantu sekali. kebetulan, saya mo beli laptop baru nih!

    • inulwara

      Siippp!! Jangan lupa selektif mbak ya! 😊

  2. Mantap informasinya!

    • inulwara

      Sering mampir mas!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *