5 Tips Aman Memotret Komodo

tips memotret komodo

Tips aman memotret komodo

Saat berkunjung ke Pulau Komodo ataupun Pulau Rinca memotret Komodo sudah jadi kegiatan lazim yang dilakukan wisatawan, namun memotret dinosaurus terakhir ini tidaklah mudah, karena kamu harus berhati-hati. Pasalnya reptil terbesar ini sangat peka terhadap setiap gerakan, bau dan rangsangan.

Bagi kamu yang sudah terbiasa berwisata ke sini, tentu sudah tidak asing lagi dengan hal-hal yang akan disiapkan sebagai perbekalan maupun prilaku saat berada di sana.

Namun, untuk kamu yang belum pernah dan berniat ingin berkunjung ke tempat ini, alangkah baiknya mengetahui informasi penting berikut ini agar kamu tetap aman dan nyaman selama di sana, baik untuk sekedar menikmati sensani hewan terbesar komodo dari jarak dekat maupun untuk keperluan memotret komodo.

Berikut tips aman yang bisa kamu praktikkan saat berkunjung ke Pulau Komodo atau Pulau Rinca, termasuk saat ingin memotret komodo:

Jangan terlalu banyak gerakan

Komodo sangat sensitive dengan gerakan dan bau.  Alangkah baiknya saat bertemu dengan komodo jangan membawa terlalu banyak barang yang ditenteng.

Kamu juga sebaiknya tidak membuat banyak gerakan atau menimbulkan banyak gerakan mendadak, terlebih jika ada barang yang sampai terjatuh tiba-tiba, karena dikhawatirkan komodo akan mengiranya sebagai makanannya.

Wajib Ditemani Ranger

Saat kamu ingin berkeliling Pulau Komodo ataupun Pulau Rinca yang keduanya jadi rumah Komodo, kamu harus ditemani oleh ranger lokal yang sudah paham betul dengan keadaan sekitar dan bagaimana melindungi diri dari komodo.

Jadi, pastikan selama kamu berada di Pulau Komodo ataupun Pulau Rinca kamu ditemani oleh ranger.

Lebih berhati-hati jika kamu traveler wanita yang sedang datang bulan

Komodo sangat sensitive dengan bau darah, maka dari itu para traveler perempuan sebaiknya tidak berkunjung ke Pulau Komodo maupun Pulau Rinca saat sedang datang bulan.

Namun, jika kamu sudah terlanjur berangkat ke sana, kamu bisa mencoba sejumlah cara yang bisa kamu coba agar tetap aman, seperti kamu bisa menjadikan arah angin sebagai patokan, misalkan jika arah angin menuju komodo sebaiknya kamu menghindarinya, lalu yang terpenting kamu jangan lupa bilang kepada ranger, jika kamu sedang haid.

Jaga jarak

Ranger biasanya akan memberitahu wisatawan untuk berdiri dengan jarak sekitar 2 sampai 3 meter dari komodo, karena ini ada lokasi teraman jika ada hal yang tidak diinginkan terjadi.

Datanglah di pagi hari

Komodo adalah hewan yang aktif di pagi hari. Mereka biasanya sudah berkeliaran untuk mencari mangsa dari pukul 07.00 sampai 09.00 WITA.

Setelah mereka berburu, mereka biasanya menjemur diri. Jika datang lebih siang, besar kemungkinan tidak bertemu dengan komodo.

Saat ingin liburan ke Pulau Komodo, ada baiknya kamu mencari tiket liburan murah, karena di Nusa Tenggara Timur harga makanan lumayan mahal jadi untuk mengurangi pengeluaran kamu, kamu bisa mengurangi biaya transportasi.

Dan pastikan kamu mencari harga tiket pesawat domestik maupun harga tiket pesawat internasional di online travel agent yang terpercaya.

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *