Tips Otomotif Perawatan Mobil Agar Tidak Selalu ke Bengkel

tips merawat mobil

Mengelap dashboard mobil secara berkala

Mengetahui beberapa bentuk tips otomotif akan sangat berperan besar dalam merawat kendaraan yang sudah dibeli dengan susah payah. Merawat mobil dengan baik akan memberikan keuntungan bagi pemiliknya sebab mengurangi intensitas masuk bengkel. Semua type mobil dari merk berkelas sekalipun tetap memiliki resiko untuk rusak parah maupun ringan. Biaya ketika masuk bengkel sudah akan mengagetkan maka perlu diantisipasi sejak dini dengan perawatan tepat.

Perawatan mobil yang tepat akan membantu mengurangi kerusakan dan tidak perlu sering-sering berkunjung ke bengkel. Pertanyaan berikutnya, bagaimana merawat mobil dengan tepat? Perawatan tepat yang dimaksudkan bisa dalam tindakan berikut:

Perawatan service sejak pertama kali dibeli

Mobil baru yang keluar dari dealer memiliki mesin yang masih optimal, performanya yang masih baik dan nyaman kerap membuat pemiliknya terlena. Apalagi dengan tambahan garansi beberapa tahun membuat pemiliknya enggan masuk ke bengkel. Padahal dengan service rutin sejak awal kerusakan parah dapat dihindari, sehingga perlu memanfaatkan service gratisnya.

Penggantian filter oli tepat waktu sesuai aturan

Semua pabrik mobil senantiasa mencantumkan informasi pada buku service yang diperoleh ketika membeli unit baru. Membaca dan memahami isinya menjadi modal awal untuk menghindari mobil mudah mogok dan sering masuk bengkel. Beberapa bagian perlu diganti tidak lebih dari tiga bulan sekali, termasuk untuk filter oli. Jika tidak diganti maka siklus pembakaran oli akan mengalami kendala dan bisa memicu kerusakan besar pada mobil. Harga filter oli cukup murah dan tidak terlalu berat untuk diganti secara teratur bersamaan dengan penggantian oli baru.

Cairan di dalam mesin mendapatkan perhatian cukup

Cairan di dalam mesin lumayan banyak, sebut saja bahan bakar (kecuali gas), oli mesin, oli transmisi, oli rem, dan lain sebagainya. Semua bentuk cairan yang diperlukan harus diganti secara teratur, terlebih untuk bahan bakar yang sebaiknya diisi sebelum habis total. Jika memilih mobil matic maka tips otomotif yang wajib dipegang ialah senantiasa menjaga bahan bakar penuh. Sebab jika sampai habis total mesin akan sulit dinyalakan kembali dan perlu dilarikan secepatnya ke bengkel. Demikian pula untuk oli di berbagai bagian mesin diperlukan sebagai pelumas untuk membantu pergerakan mobil tetap baik.

Mengecek ban sebulan sekali

Ban yang digunakan pada mobil juga membutuhkan perawatan dan perhatian yang sama besarnya dengan bagian lainnya. Sebab kondisi ban yang baik menunjang kinerja mesin, konsumsi bahan bakar, dan kualitas jalan mobil tersebut. Ban yang kurang angin dan dibiarkan terlalu lama akan merusak kualitas ban tersebut menjadi kurang berkualitas. Kondisi seperti ini ikut mempengaruhi daya guna bahan bakar yang lebih boros sebab kerja mesin meningkat. Cairan mesin lainnya pun mengalami hal serupa sehingga mobil membutuhkan biaya perawatan lebih mahal dari yang semestinya.

Komponen listrik bebas dari korosi

Listrik yang dihasilkan dari tenaga aki menjadi modal utama mesin dapat bekerja dan mobil melaju sesuai dengan keinginan sang pengemudi. Memastikan asupan energi listrik berjalan normal tidak cukup hanya merawat akinya saja. Perlu dilakukan pengecekan kondisi dan kebersihan bagian kabel yang terhubung dari sumber energi ke bagian mesin lain. Selalu dijaga kebersihannya, dengan mencuci bagian tersebut menggunakan lap basah secara teratur. Kemudian dikeringkan dengan lap kering untuk memastikan bebas debu dan tidak muncul karat.

Memahami tips otomotif perawatan tersebut dengan baik akan menjaga performa mobil tua terasa baru. Dengan tips sederhana ini menjadikan mobil Anda tetap dalam pengawasan dan perawatan sehingga mobil tetap awet dan tetap prima.

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *