Inilah Manfaat Mandi Malam Hari yang Perlu Anda Ketahui!

manfaat mandi malam

Manfaat mandi malam hari

Saatnya Anda mengubah mindset atau pola pikir Anda tentang dampak buruk dari aktivitas mandi malam hari. Opini tersebut ternyata tidak berdasar sama sekali dan tidak lebih hanyalah sebuah mitos belaka yang kerap menjadi alasan untuk menghindari aktivitas mandi di malam hari. Mereka beranggapan bahwa mandi di malam hari dapat memicu penyakit rematik. Padahal, menurut dr. Adithia Kwee, ternyata hal tersebut hanyalah mitos belaka. Mandi di malam hari tidak ada kaitannya sama sekali dengan penyakit rematik. Berdasarkan pemaparannya, rematik adalah penyakit autoimun yang disebabkan oleh kelainan genetik. Artinya, orang yang memiliki penyakit rematik bukan disebabkan karena kebiasaan mandi di malam hari, melainkan penyakit yang timbul karena faktor internal tubuhnya sendiri.

Hal senada juga diungkapkan oleh dr. Andry Reza Rahmadi, SpPD, Mkes, dokter spesialis penyakit dalam Rumah Sakit Hasan Sadikin, Bandung bahwa rematik bukanlah penyakit yang ditimbulkan karena seringnya mandi di malam hari, itu hanyalah mitos yang terjadi di kalangan masyarakat. Orang yang mengalami penyakit rematik ini memang tidak dianjurkan melakukan aktivitas mandi di malam hari dengan suhu air yang dingin karena dengan suhu tersebut dapat memperparah rematiknya. Namun, Anda dianjurkan untuk menggunakan air dengan suhu yang hangat. Jadi, salah satu manfaat mandi malam adalah dapat membantu Anda menghilangkan penyakit rematik yang diderita, tentunya dengan menggunakan air yang hangat.

Pada dasarnya, aktivitas mandi yang dianjurkan oleh para ahli kesehatan hendaknya dilakukan minimal 2 (dua) kali dalam sehari, yakni pagi sehabis bangun tidur dan sore hari setelah melakukan aktivitas. Sering dijumpai, kebanyakan mereka enggan untuk melakukan mandi di pagi hari, padahal mandi di pagi hari sangat bagus untuk membuang keringat dan kuman penyebab penyakit setelah tidur di malam hari. Dengan mandi pagi, sel-sel yang berfungsi menjaga kekebalan tubuh juga akan banyak dihasilkan untuk melawan infeksi kuman yang mengancam tubuh Anda. Kebiasaan mandi di sore hari tentunya juga dapat membuat badan kembali segar, menghilangkan kuman, polusi, atau kotoran lain yang menghinggapi tubuh setelah beraktivitas seharian.

Jika Anda ingin mandi di malam hari, jangan terpedaya dengan mitos yang tak berdasar tentang akibat buruk kebiasaan mandi di malam hari tersebut. Anda dapat melakukannya mulai sekarang karena banyak manfaat yang bisa didapatkan, justru dari kebiasaan mandi di malam hari. Adapun manfaat mandi malam selain membuat tubuh Anda juga kembali segar dan fresh, kebiasaan Anda yang sulit tidur di malam hari juga bisa terbantu dengan langkah ini. Hal ini sesuai dengan pernyataan dari Christopher Winter, M.D., dari the American Academy of Sleep Medicine, suhu tubuh naik saat mandi dengan air hangat dan akan segera kembali normal begitu selesai mandi. Penurunan suhu tubuh yang terjadi dengan cepat ini dipercaya dapat memicu rasa kantuk. Jadi, bagi yang susah tidur di malam hari dapat melakukan hal ini.

Seperti yang telah disebutkan di atas, ternyata manfaat mandi malam juga bagus untuk menghilangkan riwayat penyakit rematik yang Anda alami, tentunya dengan menggunakan air yang hangat, bukan dengan air yang bersuhu dingin. Selain itu, berendam dengan air yang hangat juga dapat membantu kelancaran peredaran darah Anda sehingga, dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi.

Untuk membantu membasmi kuman-kuman penyebab penyakit, Anda bisa menggunakan rangkaian produk perawatan kulit maupun sabun mandi yang banyak tersedia di toko-toko konvensional atau warung-warung di sekitar Anda. Anda dapat menggunakannya baik ketika mandi di pagi hari, sore hari, atau di saat malam hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *