Apakah Rumahku Termasuk Kriteria Rumah Sehat?

rumah sehat

Kriteria rumah sehat, Bagaimana dengan rumah Anda?

Kriteria rumah sehat sangat perlu kita ketahui agar ketika kita mendiaminya merasa nyaman dan sehat tentunya. Rumah adalah tempat tinggal bagi keluarga, tempat berkumpul keluarga untuk berkomunikasi dan beristirahat setelah selesai beraktivitas. Ayah atau ibu setelah bekerja dan anak-anak setelah sekolah. Untuk hal itu, rumah harus nyaman, segar, dan sehat. Pentingnya sebuah rumah yang nyaman dan sehat harus memenuhi kriteria rumah sehat itu sendiri.

Jendela dan Ventilasi

Sebuah rumah yang sehat harus mempunyai kamar atau ruangan yang berjendela karena merupakan sarana/tempat masuknya sinar matahari. Sinar matahari berfungsi untuk mematikan kuman yang dapat membahayakan kesehatan dan menghilangkan kelembaban ruangan atau kamar kita yang dapat menurunkan daya tahan tubuh. Selain itu, jendela atau ventilasi juga berguna sebagai tempat masuk dan keluarnya udara sehingga udara yang kita rasakan tidak terasa pengap. Oleh karena itu, membuka jendela setiap hari sangat penting sekali.

Memiliki Penampungan dan Saluran Limbah

Rumah yang memiliki tempat penampungan dan saluran air limbah yang memenuhi syarat kesehatan dimaksudkan agar air limbah yang dibuang tidak tergenang. Air limbah yang tergenang akan menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk serta menimbulkan bau tak sedap yang mencemari udara sekitarnya dan dapat mengganggu kesehatan. Jarak tempat penampungan air limbah dengan sumber air bersih minimal 10 meter agar limbah tidak mencemari sumber air bersih.

Memiliki Sarana Air Bersih

Rumah yang sehat harus mempunyai sarana air bersih yang memenuhi syarat agar air bersih yang digunakan untuk keperluan sehari-hari misalnya: memasak, minum, mencuci, mandi, cuci tangan memenuhi syarat kesehatan. Syarat air bersih perlu diperhatikan karena penggunaan air yang tidak bersih dapat menyebabkan penyakit misalnya; cacingan, mencret, muntah berak, penyakit kulit, dan sebagainya.

Memiliki Jamban atau WC

Suatu keharusan sebuah rumah memiliki jamban atau WC agar kotoran yang dibuang tidak mencemari lingkungan. Membuang kotoran dengan cara yang tidak sehat akan menyebabkan penyakit dan merusak pemandangan.

Memiliki Tempat Penampungan Sampah

Agar sampah tidak berserakan dan jadi sumber penyakit, sudah sewarjarnya setiap rumah harus memiliki tempat penampungan sampah. Sampah yang berserakan selain sumber penyakit juga akan menimbulkan bau yang tidak sedap, bahkan dapat menjadi sarang lalat dan tikus.

Selalu Menjaga Kebersihan

Kebersihan halaman, lantai, dan semua bagian rumah harus dipelihara agar tidak menjadi sarang serangga dan tikus yang bisa menularkan penyakit pada manusia. Selain itu, dengan menjaga kebersihan ruangan dan barang-barang, serta perabot rumah juga membebaskan udara dari tumpukkan debu.

Memberi Sekat atau Batas Ruangan

Rumah yang tidak mempunyai kamar atau sekat ruangan akan memudahkan penularan penyakit saluran pernapasan seperti penyakit TBC dari penghuni yang satu dengan penghuni yang lainnya. Oleh karena itu, memberi sekat atau pembatas ruangan sangat berguna untuk menghindari atau menangkal penyebaran penyakit.

Itulah beberapa kriteria rumah sehat yang perlu kita ketahui bersama. Rumah yang sehat, selain nyaman untuk ditinggali, juga berfungsi menjaga kesehatan diri kita sehingga, pola hidup sehat kita akan terus terjaga sampai anak cucu kita. Kebiasaan positif yang terus dibina akan terus menjadi kebiasaan positif berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *