Merawat Rambut dan Kulit Kepala Tetap Sehat

rambut dan kulit kepala

Merawat rambut dan kulit kepala tetap tampil sehat percaya diri

Rambut dan kulit kepala merupakan satu kesatuan yang tak bisa dipisahkan. Rambut yang rusak akan berakibat pada kesehatan kulit kepala pula, begitu sebaliknya. Rambut bukanlah semata-mata memberikan keindahan. Yang paling utama adalah untuk menyimpan panas dan melindungi kulit kepala. Rambut tidak mempunyai pembuluh-pembuluh darah dan ujung-ujung syaraf, sehingga tidak berdarah dan kita tidak akan merasa sakit jika rambut dipotong. Tiap rambut memiliki satu kelenjar lemak yang mengeluarkan minyak, sehingga membuatnya mengkilat.

Memelihara rambut pada hakikatnya adalah menjaga kesehatan kulit kepala. Vitamin A sangat penting untuk mencegah kerontokan rambut, akan tetapi jika berlebihan memakai vitamin A menyebabkan keracunan dan kulit kepala menjadi kering. Khusus untuk memelihara kesehatan kulit kepala, kita harus menjaga kebersihan rambut.

Warna, Bentuk, dan Jenis Rambut

Perlu diketahui bahwa terdapat berbagai macam warna dan bentuk rambut yang bisa kita temukan, yaitu: ada rambut warna hitam, putih, pirang, dan kemerah-merahan. Begitu juga dengan bentuk rambut ada yang bentuknya lurus, ikal, atau keriting. Jenis rambutpun juga bermacam-macam, mulai dari jenis yang kaku, lemas, tebal, atau tipis. Namun, pada prinsipnya kegunaan rambut itu tetap sama, yakni sebagai pelindung kepala dan mempercantik wajah. Karena pentingnya rambut untuk berbagai hal, sehingga rambut perlu diperlihara agar tetap bersih, sehat, dan rapi.

Ciri-ciri Rambut Sehat dan Tidak Sehat

Ciri-cari rambut tidak sehat seperti: kering, kaku, dan berbunyi jika digeser-geserkan, berwarna kemerah-merahan, kumal, ujung-ujungnya terbelah, dan mudah rontok. Sedangkan rambut sehat biasanya ditandai dengan mudahnya ketika disisir, lemas ataupu elastis, hitam mengkilat, ujung-ujungnya jelas, dan tidak mengalami kerontokan.

Mencuci Rambut

Kulit kepala yang bersih terasa sejuk dan nyaman. Rambut yang jarang dicuci menjadi kotor, bau, dan gatal. Rambut yang kotor akan menjadi sarang kutu yang dapat menyebabkan penyakit kulit (koreng). Supaya tetap bersih, cucilah rambut dua kali seminggu, tetapi apabila cepat kotor, dapat dicuci lebih dari dua kali seminggu.

Mencuci rambut hendaknya dikerjakan dengan seksama, sehingga kulit kepala bersih dari kotoran-kotoran yang melekat. Ini berarti akan memperlancar keluarnya keringat. Dalam waktu tertentu, juga ingin melakukan perawatan khusus terhadap rambut. Cucilah rambut dengan memakai shampo atau sabun atau air merang. Setelah dibersihkan dengan air biasa, siramlah dengan air jeruk atau campuran air dengan cuka untuk menghilangkan bau menusuk dari bahan-bahan alkalis, dan dengan demikian dapat membuat rambut menjadi mengkilat. Sebelum tidur, sisirlah rambut untuk memberi jalan pernapasan dan merangsang peredaran darah. Jadi, berulangkali menyisir rambut dengan rapi dalam satu hari sangat baik sekali untuk keperluan tersebut.

Bagaimana, apakah rambut Anda sehat? Sudahkah Anda merawatnya dengan benar? Jika belum, mulailah dari sekarang untuk merawat rambut Anda tetap sehat karena akan membantu menjaga kesehatan kulit kepala Anda. Hindari sejak dini risiko kebotakan pada kepala Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *