Tips Agar Jadwal Tidur Anda Tidak Berantakan

jadwal tidur berantakan

Perlunya mengatur jadwal tidur agar tidak berantakan

Kunci dari memiliki kehidupan yang sehat adalah kemampuan kita untuk mentaati jam tidur yang ideal. Untuk beberapa orang, hal ini bisa menjadi suatu permasalahan yang sulit untuk diselesaikan. Hal ini disebabkan oleh tidak semua orang dapat langsung tertidur pulas ketika merebahkan diri di tempat tidur. Kebanyakan orang harus menghabiskan setidaknya satu jam di tempat tidur sebelum dapat benar-benar terpulas. Merugikan, bukan? Tapi tenang saja, simak tips praktis dan bermanfaat berikut ini yang dapat membuat Anda mudah pulas sehingga jadwal tidur Anda tidak berantakan!

Memiliki Kamar yang Nyaman

Kamar dengan suasana yang pas akan membantu Anda untuk merasa nyaman, dan perasaan nyaman adalah salah satu faktor bikin ngantuk paling efektif. Maka dari itu, hal paling awal yang harus Anda lakukan adalah memilih interior rumah yang sesuai dengan selera dan kepribadian Anda. Apabila Anda adalah seseorang dengan jiwa petualang yang menyukai dominasi warna hijau di rumah, pilih interior tropical. Apabila Anda adalah seorang pekerja keras yang menyukai hal praktis yang tidak ribet, interior minimalis lah yang sesuai untuk rumah Anda. Apabila Anda menyukai gaya rumah negara Eropa Utara, mungkin Scandinavian interior pilihan paling tepat untuk Anda.

Kamar yang nyaman didapat selain dari interior yang sesuai, juga kebersihan dan kerapihan yang terjaga. Pastikan Anda rutin merapikan kloset, tempat tidur, dan dekorasi kamar tidur lainnya setiap pagi hari sebelum meninggalkan rumah yang dilengkapi dengan menyapu, mengepel dan menyedot debu dalam kamar setidaknya seminggu dua kali. Karena kamar yang bersih dan rapih adalah faktor utama pembangkit mood nyaman – sehingga Anda akan lebih mudah terlelap dengan nyenyak bila kamar Anda rapih, bersih, dan sesuai dengan kepribadian Anda.

Membaca Buku Ringan sebelum Tidur

Salah satu trik yang sukses membuat Anda mudah mengantuk adalah membaca buku ringan sebelum tidur. Yang dimaksud buku ringan adalah yang tidak terlalu tebal dan membutuhkan pemikiran mendalam saat membacanya karena membaca buku tebal yang mengharuskan kita berpikir keras malah membuat kita keasyikan membaca dan tidak kunjung tidur nyenyak. Anda tentu tidak menginginkan hal ini terjadi, bukan? Letakkan beberapa buku bacaan ringan di meja atau laci samping tempat tidur agar Anda tidak perlu bolak-balik saat mengambil dan meletakannya kembali.

Menetapkan Jam Tidur Maksimal

Jam 9-10 malam adalah waktu paling ideal untuk Anda terlelap. Hal ini dikarenakan oleh fakta biologis tubuh manusia yang memulai proses detoks (mengeluarkan racun dan kotoran dari dalam tubuh) setelah seharian beraktifitas. Apabila pada pukul 11 malam hingga 3 pagi Anda masih terlelap, dikhawatirkan racun dan kotoran yang seharusnya dibuang malah akan masuk kembali ke dalam system tubuh Anda. Tetapkan jam tidur selambat-lambatnya pukul 10 malam dan taati peraturan tersebut. Anggaplah Anda akan menerima hukuman bila tetap terjaga sesudah jam 11, hal ini akan membantu Anda untuk menaati waktu tidur yang telah ditetapkan.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk kualitas tidur yang lebih baik. Tidur yang teratur tentu akan membawa manfaat yang baik pula untuk kesehatan tubuh dan kualitas hidup Anda.

Share this post on social media:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *