Bijakkah Mudik Lebaran Meminjam Kredit Tanpa Agunan (KTA)?

Kredit tanpa agunan

Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Tak terasa sebentar lagi sudah akan memasuki Hari Raya Idul Fitri. Telah menjadi budaya yang turun-temurun, jika lebaran tiba masyarakat yang berada di kota-kota besar melakukan mudik ke kampung halaman tempat keluarga berada untuk merayakannya bersama keluarga tercinta.

Persoalan yang muncul pada momen-momen menjelang lebaran yaitu selalu saja soal biaya persiapan yang cukup besar. Biaya-biaya tersebut dipersiapkan untuk membekali sajian lebaran dan tentunya ongkos yang diperlukan untuk melakukan perjalanan ke kampung halaman. Pada saat lebaran, hampir semua perusahaan akan memberikan pegawainya sejumlah dana yang disebut Tunjangan Hari Raya. Bagi sebagian orang, THR yang didapatkan menjelang lebaran akan cukup untuk digunakan sebagai bekal mudik. Namun, bagaimana dengan mereka yang harus menyeberang beberapa pulau untuk mudik? Tentunya juga akan membutuhkan biaya yang lebih banyak lagi.

Yang akan menjadi pertanyaan berikutnya tentu saja dari manakah akan mendapatkan dana sebanyak itu, jika THR-mu belum mencukupi untuk menutupi segala kebutuhan lebaran? Haruskah meminjam uang kepada tetangga atau mengajukan KTA ke sejumlah bank yang memiliki produk KTA seperti KTA Mandiri, KTA BCA, KTA ANZ, dan sebagainya? Apakah hal ini merupakan keputusan yang bijak untuk dilakukan,  mengingat kebutuhan ini merupakan hal yang bersifat konsumtif. Sebelum berangkat mudik, sebaiknya kamu juga membuat perencanaan yang matang dengan menggunakan anggaran yang tak berlebihan agar tak merasa pusing setelah kembali lagi ke rutinitas sehari-hari.

  1. Alternatif Pendanaan

Jauh hari sebelum kalian berangkat mudik, kalian sebaiknya telah mempersiapkan dana yang akan dibutuhkan untuk keperluan mudik. Kamu dapat memanfaatkan tabungan yang telah kamu miliki atau dengan memanfaatkan produk-produk finansial yang ditawarkan oleh sejumlah bank seperti KTA atau kartu kredit. Namun ingatlah untuk tidak menggunakannya secara berlebihan, sebab sepulang dari mudik kalian akan dipusingkan dengan berbagai tagihan yang menanti. Menggunakan pinjaman sebagai alternatif pendanaan mudik memang tak disarankan, karena hal ini bersifat konsumtif. Namun kalian dapat menjadikan pinjaman sebagai pilihan terakhir jika tabungan yang dimiliki masih tak mencukupi.

  1. Buat Perencanaan Anggaran

Jangan sampai lupa untuk membuat perencanaan anggaran untuk mudik. Karena jika tidak, kalian akan menemui berbagai kendala dan kerepotan dalam perjalanan karena tidak memiliki perencanaan yang matang. Susunlah perencanaan anggaran sebelum berangkat. Jika berniat untuk menggunakan pinjaman KTA jangan gunakan kesemua dana yang kalian dapatkan dari bank, melainkan hanya untuk menutupi kekurangan dana yang dibutuhkan. Sebagai contoh, kalian harus melakukan perjalanan mudik ke Medan, dana yang dibutuhkan adalah sebesar Rp 10 juta, sedangkan tabungan yang kalian miliki hanyalah Rp 5 juta saja. Kalian dapat menambal kekurangannya dengan mengajukan KTA ke bank. Sehingga utang yang dimiliki tak semakin menumpuk dan malah menghancurkan kehidupan finansial kalian di masa depan.

  1. Mudik yang Ideal

Melakukan perjalanan mudik memiliki tujuan berbagi kebersamaan bersama keluarga tercinta di kampung halaman. Sangat tidak nyaman apabila setelah berbahagia bersama keluarga kalian malah mengalami beban akibat utang yang ditimbulkan setelah mendapatkan pinjaman KTA. Idealnya bersakit-sakit dahulu menabung sejumlah dana untuk persiapan mudik lalu bersenang-senang kemudian bersama keluarga di kampung halaman. Namun, jika hal tersebut tak dapat dilakukan selalu ingat untuk pikirkan cicilan bulanan semampu kalian. Selain itu cari juga produk pinjaman KTA yang tak mematok bunga terlalu besar agar tak semakin menjerat kehidupan finansialmu di kemudian hari.

Share this post on social media:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *